Siapakah Perempuan-Perempuan Surga Itu ?

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 10 Oktober 2017 14:05 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, BANJARMASIN - Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PK IMM) Universitas Islam Negri (UIN) Antasari Banjarmasin gelarkajian bertemakan “Perempuan Surga” pada Senin (9/10),bertempat di Taman Hijau UIN Antasari Banjarmasin.

Didaulat sebagai pembicara, Ketua Bidang IMMawati Dewan Pimpinan Daerah (DPD)IMM Kalimantan SelatanSiti Aulia Rahma. Dalam pemaparannya Siti menyampaikan  ada empat perempuan surga, diantaranyaadalahistri Firaunbernama Ummu Asiyah, Ibu Nabi Isa ASbernama Ummu Siti Maryam, Ummu Khadijah yang tak lain adalah istri Rasulullah SAW dan Ummu Fatimah Az Zahra yang merupakan putri Rasulullah sekaligus istri dari sahabat rasul yakni Ali Bin Abi Thalib.

Siti menuturkan, hal ini sesuai dengan sabda Rasul, “Pemuka wanita ahli surga ada empat. Ia adalah Maryam binti Imran, Fatimah binti Rasulallah SAW, Khadijah binti Khawailid dan Asiyah,” tuturnya.

Siti juga menambahkan bahwa perempuan surga memiliki karakteristik seperti bertaqwa kepada AllahSWT, berbakti kepada kedua orang tua, patuh kepada suami, gemar melakukan ibadah, menjaga kehormatan,menutup aurat, pandai menjaga lisan dan yang terakhir gemar berdzikir.

NabilaselakuKetua Bidang IMMawati PK IMM UIN Antasari Banjarmasin menegaskan bahwa dengan diangkatnya tema tersebut pada kajian IMMawati bulan inibertujuan untuk mengubah paradigma berpikir perempuan zaman sekarang,terkhusus IMMawatiagarlebih mengidolakan perempuan -  perempuan surga seperti Siti Khadijah, Maryam, Asiah istri fir'aun, dan Fatimah Anak Rasullah SAW.

“Dengan mengangkat kajian bertema ‘PerempuanSurga’, diharapkan IMMawati bisa menerapkan apa yang dilakukan perempuan – perempuan surga, meskipun tidak bisa secara sepenuhnya, minimal berusaha untuk bisa menjadi seperti mereka,” tandas Nabila.(dila)

Kontributor: M. Nasir

Shared:
Shared:
1