UM Purwokerto Ajak Mahasiswa Asing Kenali Pendidikan di Indonesia

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 04 Oktober 2017 11:03 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, PURWOKERTO – Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) ajak mahasiswa asing kenali pendidikan di Indonesia melalui program International Project Based Learning yang diselenggarakan pada 18 September hingga 1 Oktober 2017.

Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah mengunjungi Sekolah Dasar Negeri 1 Bobosan Purwokerto, Jawa Tengah untuk melihat bagaimana sistem pembelajaran anak diIndonesia. Para mahasiswa asing ini berkesempatan melihat pelaksanaan upacara bendera yang diadakan di lapangan sekolah.

Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa asing dari tiga negara, diantaranya  Thailand, China, dan Turki. Azmina salah satu mahasiswa asal Malaysia mengaku terkesan dengan kedekatan guru dan murid di Indonesia.

“Berbeda dengan di sana (Malaysia), guru dan siswa tidak memiliki kedekatan seperti halnya dapat menceritakan masalah pribadi pada guru. Hal ini menginspirasi kami agar lebih dekat dengan siswa kalau nanti jadi guru,” ungkap Azmina.

Menyambut kegiatan ini, Kepala Sekolah SD Negeri1 Bobosan, Krisdiatimengaku senang karena bisa bertukar ilmu mengenai pendidikan kepada mahasiswa asing.

“Saya merasa sangat senang, mereka dapat datang dan berbincang-bincang tentang pendidikan di luar negeri, banyak hal baik yang dapat diadaptasikan di Indonesia seperti kemajuan media dan materi yang diajarkannya,” tutur Krisdiati.

Krisdiati berharap kegiatan ini dapat saling memberikan inspirasi baik bagi mahasiswa, guru, maupun siswa-siswa.

“Harapannya agar hubungan baik yang sudah terjalin dapat berlangsung terus menerus,sehingga dapat dilakukan kegiatan serupa di kemudian hari,” tandas Krisdiati. (dila)

Kontributor: Tegar Roli

Shared:
Shared:
1