Asah Jiwa Sosial Siswa, SD Muhammadiyah Kemiri Ajak Siswa Kunjungi Panti Asuhan

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 02 Oktober 2017 15:04 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, PURWOREJO - Sekolah Teladan SD Muhammadiyah Kemiri Purworejo selenggarakan study tour ke sejumlah  lokasi di Kota Purworejo. Diantaranya yaitu Panti Asuhan Yatim dan Tunanetra Muhammadiyah Purworejo. Agenda ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi, guru, karyawan dan beberapa wali siswa yang turut menyertai putra-putrinya.

Disampaikan oleh Widi Hastomo selaku Kepala Sekolah bahwa agenda ini dilaksanakan sebagai kegiatan diluar pembelajaran formal klasikal, dengan tujuan untuk mengajarkan nilai-nilai kehidupan yang bisa diambil dari panti asuhan, selain itu juga sebagai liburan singkat setelah menyelesaikan ujian tengah semester ganjil.

“Kunjungan ke panti sebagai agenda penting daripada rangkaian kunjungan yang dirangkai dalam kegiatan kali ini. Panti asuhan sebagai tempat untuk melembutkan hati, agar anak-anak dalam kunjungan ini dapat melihat keadaan anak panti secara langsung. Hidup dengan kondisi jauh dari orang tua,” ungkap Widi pada Ahad (01/10).

Lebih lanjut, Widi menuturkan kegiatan ini untuk memupuk rasa peduli anak-anak terhadap lingkungan. “Harapannya anak-anak dapat merasakan kehadiran orang tuanya masing-masing selama di rumahnya, dibandingkan dengan anak asuh yang tinggal di panti asuhan. Bagaimana hidup di panti yang berbeda dengan di rumah. Sehingga akhirnya terlembutkan hatinya dan lebih sayang pada orang tua ,” tutur Widi Hastomo.

Menyambut kegiatan ini, Sidiq Piliyanto selaku pengurus panti sekaligus salah satu Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Purworejo mengapresiasi maksud baik dari rombongan siswa SD Muhammadiyah Kemiri Purworejo.

“Kunjungan semacam ini, dari SD Muhammadiyah Kemiri sangat bagus. Anak-anak jadi mengetahui situasi di panti, sehingga dapat menumbuhkan rasa solidaritas. Disini anak asuh panti terdiri dari berbagai latar belakang, diantaranya ada yang yatim, yatim piatu hingga dhuafa. Dengan kunjungan ini harapannya rasa solidaritas anak dapat tumbuh dan berkelanjutan hingga masa depannya,” ungkap Sidiq.

Sementara itu, wali murid kelas 1 SD Muhammadiyah Kemiri menanggapi positif kegiatan ini. Kepada tim, wali murid tersebut mengatakan kegiatan semacam ini dapat mengenalkan sejak dini kepada anak-anak untuk bersosialisasi, berbagi, menambah jiwa sosialnya.

“Harapan kami melalui SD Muhammadiyah Kemiri ini, anak-anak dapat terus mengasah jiwa sosialnya untuk berbagi terhadap sesama. Kami wali siswa sangat mendukung agenda ini. Kegiatan seperti ini dapat menanamkan pada anak-anak kami hal-hal yang berguna bagi masa depannya di masyarakat kelak,” ungkap salah satu wali murid kelas 1.

Selain panti asuhan, rombongan study tour SD Muhammadiyah Kemiri juga mengunjungi Masjid Agung Darul Muttaqin Purworejo, Gedung Dakwah Muhammadiyah Kabupaten Purworejo, dan Masjid Universitas Muhammadiyah Purworejo. (dila)

Kontributor: Akhmad Musdani

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Shared:
Shared:
1