SSR Aisyiyah Purworejo Bentuk Aliansi untuk Tanggulangi TB-HIV

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 02 Oktober 2017 10:16 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, PURWOREJO - SSR `Aisyiyah Kabupaten Purworejo selenggarakan Establish Alliance Main Issues and Key Messages pada Ahad (1/10).

Disampaikan Siti Nurhayati Koordinator SSR `Aisyiyah Kabupaten Purworejo bahwasanya dengan adanya aliansi ini nantinya agar dapat mendorong isu-isu utama penanggulangan TB-HIV di Kabupaten Purworejo.

“Komunitas yang peduli TB-HIV di Kabupaten Purworejo belum ada, sehingga kami inisiasi pembentukan GEMPUR PUTIH (Gerakan Masyarakat Purworejo Peduli TB-HIV). Dengan adanya ini akan dapat mendorong serta mengadvokasi hingga lahirnya regulasi terkait penanggulangan TB-HIV berupa perbup atau perda,” ungkap Siti.

Rangkaian kegiatan ini diawali dengan adanya curah gagasan dan pembelajaran lapangan masing-masing CSO dilanjutkan dengan penentuan isu prioritas TB-HIV di Kabupaten Purworejo dan diakhiri dengan pembentukan aliansi Gempur Putih serta membahas rencana aksi bersama.

Rangkaian program SSR `Aisyiyah terdiri dari monitoring-evaluation kader TB, pelatihan pengawasan menelan obat pasien, meeting coordination with district health office, roundtable discussion hasil analisa situasi TB-HIV, Capacity Building of CSO terkait Advokasi dan Komunikasi, Capacity Building of CSO terkait Program Management and Fundraising dan pemberian award untuk kader terbaik dan kecamatan terbaik.

“Agenda diakhiri dengan penandatanganan pernyataan bersama terkait dengan penanggulangan dan pencegahan TB-HIV yang mana merupakan tanggung jawab bersama terutama di Kabupaten Purworejo. Dengan aliansi ini menjadi media yang bisa dimanfaatkan sebagai koordinasi, konsolidasi dan advokasi di tingkat Kabupaten. Sehingga harapannya TB-HIV di Kabupaten Purworejo dapat dicegah dan ditanggulangi,” pungkasnya. (nisa)

Kontributor: Akhmad Musdani

 

Shared:
Shared:
1