Hadir di Berau, Haedar Sampaikan Kunci Mewujudkan Indonesia Berkemajuan

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Minggu, 01 Oktober 2017 02:48 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, BERAU – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir pada Sabtu (30/9) menghadiri Tabligh Akbar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah se- Kabupaten Berau yang bertempat di Aula STIE Muhammadiyah Tanjung Redep.

Dalam tausyiahnya Haedar mengatakan bahwa Indonesia pada dasarnya merupakan negara yang kaya raya. Allah SWT telah memberikan sumber daya alam yang berlimpah bagi Indonesia, khususnya Kabupaten Berau. Namun, yang disayangkan meskipun Indonesia kaya akan sumber daya alamanya, Indonesia masih kalah daya saing dengan negara-negara tetangga, seperti Singapura, Malaysia, dan juga Thailand.

“Hal ini terjadi karena  negara pesaing memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang inovatif, dan giat bekerja mewujudkan kemandirian,” ucap Haedar.

Untuk mengejar ketertinggalan guna mewujudkan Indonesia yang berkemajuan Haedar mengatakan terdapat lima ciri yang harus diterapka, pertama yaitu masyarakat Indonesia harus mampu menjadi manusia amanah, jujur, dan bertanggung jawab. Kedua, masyarakat Indonesia masih terlalu manja. “

“Kita harus berubah menjadi masyarakat yang mandiri, dan tidak tergantung dengan bangsa lain,” ungkap Haedar.

Ketiga, masyarakat Indonesia harus cerdas dalam pengembangan ilmu pengetahuan. “Selama dalam bidang pendidikan kita tertinggal, maka selama itu pula kekayaan alam kita akan terus terusan dikuasai orang lain,” ucap Haedar.

Keempat, dalam mewujudkan Indonesia berkemajuan dibutuhkan tanggung jawab sosial bersama, dan menjauhkan keegoisan pribadi masing-masing. Dan yang terakhir masyarakat Indonesia harus membangun solidaritas kolektif dan merajut ukhuwah sesamat ummat.

Dalam mewujudkan hal itu, Haedar mengatakan bahwa Muhammadiyah tidak akan pernah kehilangan optimisme.

“Muhammadiyah selalu yakin bahwa mewujudkan Indonesia butuh perjuangan, dan kerja keras, jika kita bisa bersatu maka langkah untuk mewujudkan Indonesia berkemajuan akan sangat mudah dilalui,” pungkas Haedar.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah Siti Noordjannah Djohantini, Bupati Berau Muharram, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Berau, Jajaran Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah, serta pengelola Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) se Kabupaten Berau. (adam)

Shared:
Shared:
1