Hadiri OSDI UNISA, Yunahar Paparkan Tujuan Gerakan Muhammadiyah

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 13 September 2017 13:56 WIB

Berita Muhammadiyah

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA – Masih dalam rangka penyambutan mahasiswa baru, Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) bersama Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Universitas ‘Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta menyelenggarakan Orientasi Studi Dasar Islam (OSDI) 2017 di Auditorium Gedung B Unisa, Rabu (13/9).

Kegiatan OSDI kali ini menghadirkan Yunahar Ilyas Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang menyampaikan materi tentang Hakikat Islam dan Muhammadiyahdan juga Agus Taufiqurrahman Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Yunahar dalam sambutannya mengatakan bahwa agama Islam adalah sesuatu yang disyariatkan Allah melalui para Nabi berupa perintah-perintah, larangan-larangan, dan petunjuk-petunjuk kebaikan manusia di dunia dan akhirat.

Sedangkan Muhammadiyah, lanjut Yunahar adalah gerakan Islam yang berupa dakwah amar ma’ruf nahi munkar, dan tajdid yang bersumber pada Al-Qur’an dan sunnah. “Jadi apapun yang dilakukan Muhammadiyah yang berupa AUM dan Kegiatan-kegiatan lainnya adalah untuk dakwah,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Yunahar juga menjelaskan tentang tujuan gerakan Muhammadiyah. “Pergerakan Muhammadiyah inibertujuan untuk menegakkan dan menjunjung tinggi ajaran Islam  untuk mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya,” terangYunahar.

Yunahar jugamengungkapkan bahwa Muhammadiyah memiliki beberapa ciri, diantaranya yaitu  Muhammadiyah berpedoman pada Al-Qur’an dan sunnah yang tidak terikat dengan aliran teologis dan mazhab fiqih manapun, serta ikhlas dalam mencari ridhaAllahSWT. “Muhammadiyah ini juga gemar beramal, contohnya yakni AUM yang telah didirikan Muhammadiyah sangatlah banyak, selain itu Muhammadiyah  adalah gerakan modern dan berkemajuan yang mengupayakan sikap damai, aman, dan maju,” tutupnya. (tuti)

 

Shared: