Muhammadiyah Tegal Galang Dana untuk Rohingya

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Sabtu, 09 September 2017 10:15 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, TEGAL -- Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Tegal dan beberapa amal usaha menggalang dana sosial untuk disumbangkan pada pengungsi muslim etnis Rohingya di Myanmar pada Jumat (8/9).

Ketua Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) PDM Kabupaten Tegal, Hendra Apriyadi, menjelaskan hingga Jumat (8/9), dana yang dihimpun lewat Lazismu yakni sebanyak 37 jutarupiah. Dana tersebut dihimpun dari berbagai unsur, baik perorangan warga Muhammadiyah, sekolah-sekolah maupun komunitas Jaringan Saudagar Muhammadiyah (JSM).

“Sesuai instruksi dari pimpinan pusat, Muhammadiyah bersama dengan Kementerian Luar Negeri dan sepuluh organisasi kemanusiaan lainnya yang tergabung dalam Aliansi Kemanusiaan Indonesia untuk Myanmar(AKIM)secara bersama-sama telah berkomitmen untuk membantu masalah penanganan konflik dan kemanusiaan di sana,” ujar Hendra.

Komitmen tersebut, lanjut Hendra, dilakukan melalui pendekatan yang menyasar isu dasar seperti kesehatan, pendidikan, pemenuhan kebutuhan dasar, dan pemberdayaan ekonomi berkelanjutan.

Kemudian Sekretaris Pimpinan Cabang Muhammadiyah Adiwerna, Iqbal Kismoro, menambahkan bahwa penggalangan dana juga dilakukan lewat infak masjid-masjid di Kecamatan Adiwerna saat shalat Jumat. Infak-infak tersebut nantinya akan dikumpulkan dan disumbangkan untuk pengungsi Rohingya.

Upaya yang sama juga dilakukan oleh siswa-siswi SMP Muhammadiyah Adiwerna (Musawerna). Pembina Keagamaan Sekolah, Faizal menyebutkan, selain sebagai bentuk kepedulian terhadap penderitaan saudara sesama muslim, aksi penggalangan dana juga merupakan aplikasi Program Penguatan Pendidikan Karakter sebagaimana yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

“Penggalangan dana dikoordinir oleh Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM). Setelah penggalangan dana, juga dilakukan doa bersama untuk keselamatan para pengungsi Rohingya,” tambahnya. (nisa)

Kontributor: Riza A. Novanto

 

Shared:
Shared:
1