SD Muhammadiyah 8 Surabaya Manfaatkan Mading Sebagai Media Literasi Siswa

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 31 Agustus 2017 15:24 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, SURABAYA – Keberadaan majalah dinding di sekolah sangatlah penting bagi warga sekolah, khususnya bagi siswa. Selain sebagai ruang informasi, mading juga merupakan ruang siswa untuk berkreasi.

Mading juga merupakan media yang sangat efektif untuk meningkatkan minat baca siswa. Space mading yang sangat terbatas hanya dapat memuat informasi yang singkat pula sehingga siswa yang tidak biasa baca buku pun dapat menyempatkan diri membaca mading. Mading dapat dibuat semenarik mungkin agar tidak terkesan kaku dan membosankan. Biasanya siswa akan tertarik dengan sesuatu yang menarik.

Dalam rangka menggiatkan gerakan gemar membaca pada siswa, SD Muhammadiyah 8 Surabaya adakan pembelajaran keterampilan membuat mading (majalah dinding) pada Rabu (30/8). Kegiatan yang diikuti oleh siswa-siswi kelas 2 ini dilaksanakan di depan ruang kelas.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari pembelajaran tematik pada poin keterampilan yang telah berlangsung di kelas 2 dengan tema "Hidup Rukun", ujar Rizka Oktaviana selaku guru kelas.

Rizka menambahkan bahwa kegiatan tersebut diadakan dengan tujuan untuk menumbuhkan dan menggiatkan siswa-siswi agar tetap gemar membaca meski keberadaan gadget telah mempengaruhinya. Selain itu, kegiatan ini juga dapat merangsang imajinasi siswa agar lebih kreatif dan inovatif dalam membuat atau mengatur tata letak tulisan dan gambar pada media karton yang akan dijadikan mading serta agar siswa dapat mengamalkan prilaku hidup rukun dengan teman di sekolah.

"Melalui kegiatan ini, siswa berkesempatan berkreasi membuat sebuah karya yang bermanfaat bagi banyak orang agar tercipta gerakan gemar membaca membumi di sekolah,” tambah Riska.

Dengan adanya kegiatan tersebut, Riska berharap siswa akan kompak dalam bekerjasama dengan baik serta dapat bersosialisasi dengan serta kerukunan tetap terjaga dengan temannya.

Kontributor : Riska Oktaviana

 

 

Shared:
Shared:
1