SMAMDA Sidoarjo Nobar Nyai Ahmad Dahlan Sebagai Wujud Pendekatan Keilmuan

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 24 Agustus 2017 15:36 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, SIDOARJO – SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo (Smamda) melakukan kerjasama dengan Manajemen Platinum dalam menyelenggarakan kegiatan nonton bersama film Nyai Ahmad Dahlan pada Kamis (24/8).

Menurut Yudi Prianto, Wakil   Kesiswaan SMAMDA peserta nonton bersama dari Smamda yakni berjumlah 1546 orang yang telah dibagi menjadi tiga kali jam tayang yaitu jam 10.00, 12.00 dan 14.00.

Kemudian Naimul Hajar, Waka Kurikulum SMAMDA menjelaskan bahwa kegiatan ini bukan sekedar nonton bersama, namun kegiatan ini juga dimanfaatkan sekolah untuk lebih mendalami sosok Nyai Ahmad Dahlan dari berbagai pendekatan keilmuan.

“Kami sudah berkoordinasi dengan guru Kemuhammadiyahan, Sosiologi, Sejarah dan Bahasa Indonesia agar anak-anak bisa mengkaji lebih dalam dan komperhensif, ” jelas Naimul Hajar.

Nonton bersama ini, dijadikan ajang belajar misalnya  di kelas XI peminatan IPS, guru Kemuhammadiyahan dan Sosiologi sudah bekerjasama. Siswa diberi tugas untuk menulis peran ‘Aisiyah sebagai organisasi yang mengusung misi gerakan amar maruf nahi mungkar dengan permasalahan sosial yang melingkupinya.

“Dari tugas itu, otomatis siswa sudah mengantongi dua wawasan mata pelajaran, hal sama juga di kelas X dan XII, semua mendapatkan tugas seperti ini,” terangnya.

Kemudian respon positif juga disampaikan oleh Rahmah Putri Fauziyah, siswi alumni Jambore Pelajar Teladan Bangsa ini mengaku antusias dengan agenda nonton bersama ini.

“Saya sejak dulu suka dengan film bertemakan kepahlawanan dan gerakan sosial, termasuk film Nyai Dahlan, tentu banyak makna tersirat di dalamnya. Sepengetahuan saya, beliau menjadi teladan kaum perempuan pada masa itu. Apalagi ia dikenal sebagai tokoh yang menolak dilakukannya kawin paksa pada perempuan, terutama pada anak-anak,” tegas siswi kelass XII IPS 4 ini. (nisa)

Reporter: Hanafi/Naimul

Shared:
Shared:
1