Pengajian Malam Selasa dan Pengajian A2IM di-Launching

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 11 April 2011 23:47 WIB

Yogyakarta- Majelis Tabligh PP Muhammadiyah me-launching Pengajian Pimpinan tingkat Pusat berupa Pengajian Malam Selasa (model baru) dan Pengajian Akidah Akhlak Ibadah dan Muammalah (A2IM).


Pengajian Malam Selasa adalah pengajian tradisi Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang telah berlangsung sejak awal Muhammadiyah berdiri, diselenggarakan di Gedung Serba Guna Kauman Yogyakarta. Majelis Tabligh menjadi pelaksana program pengajian ini yang diikuti seluruh tingkatan Pimpinan dari Pusat sampai Ranting yang berada di sekitar Yogyakarta.


Mulai periode kepengurusan 2010-2015, MT PP mengembangkan Pengajian Malam Selasa dengan materi kajian Tafsir Al-Quran dan Bunga Rampai Perjuangan Muhammadiyah. Jika selama ini lokasi pengajian di Kauman, mulai 7 Maret 2011 lokasi Pengajian Malam Selasa dipindah ke Aula Madrasah Muallimin Muhammadiyah, Jl. Letjen S. Parman, Yogyakarta. Pemindahan ini semata untuk meningkatkan kenyamanan, terutama dalam soal parkir kendaraan peserta pengajian, mengingat di Kauman tempatnya sudah kurang memadai.


Seperti biasa, Pengajian Malam Selasa dilaksanakan setiap hari Senin (malam Selasa), pukul 20.00-22.00 WIB. Peserta diharapkan datang lebih awal dan shalat Isyak berjamaah di Masjid Muallimin, jeda waktu menjelang pengajian dimulai dapat dimanfaatkan sebagai forum silaturrahmi antar pimpinan.


Kajian Tafsir Al-Qur’an disampaikan oleh Majelis Tarjih. Pengajian ini menjadi semacam forum bagi Majelis Tarjih untuk secara bertahap mensosialisasikan penyusunan Tafsir At-Tanwir, sebuah kitab tafsir ‘versi’ Muhammadiyah yang menjadi tugas Majelis Tarjih. Selain itu, Pengajian Malam Selasa menjadi media penyampaian informasi tentang bunga rampai perjuangan Muhammadiyah. Pada 14 Maret 2011 telah disampaikan materi Muhammadiyah dan Isu-isu Strategis, Hasil Muktamar 1 Abad Muhammadiyah, disampaikan oleh Sekretaris PP Muhammadiyah, Dr. H. Agung Danarta, M.Ag.


Selain Pengajian Malam Selasa, Majelis Tabligh menyelenggarakan Pengajian Akidah, Akhlak Ibadah dan Muamalah (A2IM). Sesuai namanya, Pengajian A2IM membahas kajian tentang masalah-masalah Akidah, Akhlak, Ibadah dan Muamalah. Tujuan penyelenggaraan Pengajian ini antara lain adalah terhimpun kader-kader Muhammadiyah yang memiliki kompetensi di bidang A2IM. Selain itu, dari pengajian tersebut akan disusun naskah Tuntunan Aqidah, Akhlak, Ibadah, dan Mu’amalat yang akan dipublikasikan dalam bentuk media cetak maupun media lain, sehingga pengajian tersebut memiliki kemanfaatan yang lebih luas, terutama dapat memberikan Tuntunan Islam bagi masyarakat umum.


Pengajian A2IM dilaksanakan setiap hari Jum’at (malam Sabtu), mulai 11 Maret 2011 pukul 20.00 -21.30 WIB, bertempat di Aula Lt.3 Gedung Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Jl. Cik Di Tiro 33 Yogyakarta.


Namun, setelah berjalan sekitar satu bulan, dilakukan evaluasi atas pelaksanaan Pengajian A2IM pada malam Sabtu tersebut. Hasil evaluasi MT-PPM, akhirnya dengan mempertimbangkan efektivitas, Pengajian A2IM pelaksanaannya digabung dengan Pengajian Malam Selasa. Sehingga, sejak bulan April 2011 kedua pengajian tersebut pelaksaaannya menjadi Pengajian Malam Selasa, bertempat di Auditorium Madrasah Muallimin Muhammadiyah, jalan S. Parman Yogyakarta. (ad)

Shared:
Shared:
1