Usung Tema Kebangsaan, UMJ Lepas 325 Mahasiswa KKN

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 08 Agustus 2017 13:55 WIB

MUHAMMADIYAH, JAKARTA – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ) terjunkan 325 mahasiswanya di Kabupaten Bogor yang tersebar di empat kecamatan dengan 15 desa untuk mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Penerjunan terhitung mulai tanggal 7 Agustus sampai tanggal 5 September 2017, yang dilepas dan diberangkatkan langsung oleh Dekan FISIP, Endang Sulastri.

Ma’mun Murod Al Barbasy Wakil Dekan I FISIP UMJ, menuturkan KKN FISIP 2017 kali ini mengusung tema terkait masalah kebangsaan. “Pesan utama dari tema kebangsaan ini sekadar penegasan bahwa Muhammadiyah selain berfokus pada persoalan keislaman dan keummatan, juga fokus pada persoalan kebangsaan” ujar Ma’mun.

Menurut Ma’mun, saat ini bangsa Indonesia tengah mengalami masalah serius kebangsaan, tidak hanya terkait dikotomi kelompok nasionalis dan kelompok Islamis, tetapi juga gaduh terkait toleransi dan radikalisme yang disikapi cenderung tidak proporsional.

“Sebagai jawaban atas masalah kebangsaan selama pelaksanaan KKN akan digelar beberapa kegiatan kebangsaan seperti kegiatan bela negara bekerjasama dengan Kementrian Pertahanan (Kemenhan),” jelasnya.

Kemudian, lanjut Ma’mun kegiatan tersebut akan diikuti kurang lebih oleh 450 peserta yang terdiri dari perwakilan mahasiswa dan masyarakat di lokasi KKN.

“Selain itu kami juga mengupayakan kegiatan Sosialisasi Pancasila, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, dan UUD NRI Tahun 1945 yang langsung akan disampaikan oleh Ketua MPR RI Dr (HC) Zulkifli Hasan dan Bupati Bogor Nurhayati,” ujar Ma’mun yang juga menjabat sebagai Direktur Pusat Studi Islam dan Pancasila (PSIP) FISIP UMJ.

Ditambahkan Usni Hasanuddin selaku Ketua Pelaksana KKN, menungkapkan bahwa kegiatan lain dari KKN adalah Sosialisasi Pilkada. “Kebetulan Kab Bogor dan Jawa Barat kan di tahun 2018 akan ada Pilkada, sekaligus moment KKN kita gunakan untuk sosialisasi Pilkada,” imbuh Usni.

Kegiatan ini dilaksanakan bekerja sama dengan KPUD Jabar dan KPU Bogor. Sebagai bentuk kepedulian pada lingkungan, KKN ini juga membuat program penanaman 15.000 Pohon yang akan disebar di 15 desa. (tuti)

 

Shared:
Shared:
1