Survey: Jateng,Jatim, dan Sulsel Penyumbang Ranting Muhammadiyah Terbesar

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 15 Mei 2012 16:40 WIB

 

Yogyakarta –LPCR PP Muhammadiyah telah menyelesaikan program pengumpulan data nasional tentang Cabang dan Ranting. Dari proses survey yang sudah dilakukan sejak Bulan Maret 2012, LPCR PP Muhammadiyah dapat mengambil kesimpulan bahwa supplier Ranting terbesar pertama di bumi nusantara ini adalah Jawa Tengah dengan jumlah 3.698 Ranting. Kemudian disusul oleh Jawa Timur dengan jumlah 2.873 Ranting. “Hal ini tidak terlepas dari banyaknya jumlah kabupaten/kota yang ada di dua provinsi ini serta padatnya jumlah penduduk yang ada di dalamnya,” terang Ridho Al-Hamdi, sekretaris LPCR PP Muhammadiyah, kepada redaksi lpcr.muhammadiyah.or.id pada hari Senin, 14 Mei 2012.

 

Di luar Jawa, hasil survey LPCR PP Muhammadiyah menunjukkan, bahwa Sulawesi Selatan merupakan supplier Ranting terbesar dengan jumlah 1.380 Ranting.Kemudian disusul oleh Provinsi Jawa Barat dengan jumlah 1.173 Ranting. Besarnya jumlah Ranting di empat provinsi ini harus menjadi kekuatan super bagi Muhammadiyah di nusantara dan harus tetap dijaga keberadaannya. “Karena itu, perlu kiranya PP Muhammadiyah memberikan penghargaan kepada keempat provinsi ini sebagai provinsi yang telah berjuang gigih menggerakkan Muhammadiyah di akar rumput,” tambah Ridho.

 

Sedangkan di luar keempat provinsi ini, jumlah Ranting di masing-masing provinsi di bawah seribu semua. Hal ini disebabkan banyak hal, seperti tantangan luasnya geografis dan kecilnya jumlah umat Islam seperti yang terjadi di Kalimantan dan Papua. Dampak dari pemekaran provinsi juga menjadi faktor semakin kecilnya jumlah Ranting, seperti di Kepulauan Riau, Bangka-Belitung, dan Sulawesi Barat. (QN)(mac)

Shared:
Shared:
1