UM Purwokerto Kembangkan Program KKN Internasional ke Negeri Jiran

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 26 Juli 2017 08:29 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, PURWOKERTO – Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) pada periode ini telah mengembangkan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional ke negara Malaysia.

“Pada periode ini pelaksanaan KKN terbagi menjadi tiga kelompok yakni KKN Internasional di Malaysiya bekerjasama dengan UTM, KKN Muhammadiyah di Sumatra Selatan dan KKN Regulier di lima Kabupaten,” ujar Wakil Rektor IV UMP, Jebul Suroso, Selasa (25/7) di pendapa Kecamatan Sumpiuh.

Diungkapkan Suroso, penerimaan mahasiswa KKN UMP tahun 2017 di 3 Kabupaten yaitu Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga dan Kabupaten Cilacap. Sementara pelaksanaan penerimaan mahasiswa KKN untuk Kabupaten Banyumas diadakan di Pendapa Kecamatan Sumpiuh.

“Peserta KKN Kabupaten Banyumas berjumlah 188 tersebar di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Tambak, Kecamatn Sumpiuh dan Kecamatan Kemranjen,” katanya.

Yang membedakan mahasiswa peserta KKN UMP dengan mahasiswa KKN lainnya yaitu, mahasiswa telah dibekali pemahaman dan telah lulus lulus baca Al Quran.

Semenara itu Bupati Banyumas melalui Kadinsos Permades, Abdullah Muhammad, mengatakan bahwa KKN merupakan salah satu cara strategis untuk meningkatkan rasa empati mahasiswa terhadap masyarakatnya sekaligus meningkatkan kreativitas mahasiswa yang dinamis.

“Kita membantu memberdayakan masyarakat. Di sisi lain mahasiswa KKN dapat membantu kelompok masyarakat yang lemah agar menjadi masyarakat yang berdaya,” pungkasnya.

Kontributor: Tegar Roli 

Shared:
Shared:
1