VIVA FOR TRUMP, Inovasi Karya Mahasiswa UMP dengan Metode Pembelajaran Humanistik

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 25 Juli 2017 09:06 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, PURWOREJO  -  Semakin maju dan maraknya sistem teknologi komunikasi saat ini banyak timbul permasalahan penyalahgunaan ponsel maupun gadget yang diberikan orang tua kepada anak sebelum waktunya. Hal ini sungguh memilukan, jika generasi penerus bangsa ini nantinya menjadi seorang penerus yang rusak dan kecanduan terhadap teknologi ke arah negatif.

“Penggunaan ponsel, gadget, dan internet pada anak mengurangi intensitas anak untuk belajar di rumah, terutama belajar membaca, menulis, dan berhitung (calistung). Selain itu fenomena tersebut mengurangi sosialisasi dengan keluarganya di rumah, dalam rangka menjawab keresahan, kami terapkan berbasis pembelajaran humanistik dengan membuat suatu produk audio-video dengan memanfaatkan software Sony Vegas Platinum Pro 13 untuk membuat berbagai konten yang mendukung belajar calistung anak di Desa Singodranan Baledono, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo,”ujar Istighfarin, Ketua Program Kreatifitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-M)Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) saat ditemui redaksi muhammadiyah.id, Sabtu (22/7).

PKM-M ini  beranggotakan Latifah Femi Nuraini, Khusnul Khotimah, Novitasari dan Bagus Tranggono ini dilaksanakan di Pesantren Mahasiwa Al-Chudlorie UMP yang tepat berada di Kelurahan Singodranan, Desa Baledono selama lima bulan. Peserta dari kegiatan ini adalah anak-anak dengan usia PAUD,TK dan SD.

“Semoga program ini dapat mengurangi dampak negatif penggunaan teknologi digital pada anak, Sebagai sarana pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar calistung, Memberikan metode baru untuk orangtua atau guru mengajari anak calistung, Menciptakan kawasan Singodranan sebagai desa melek teknologi dan melek huruf dan Menjadi wahana pengabdian mahasiswa dalam berkontribusi mengembangkan kemampuan sebagai pendidik,” harap Istighfarin

Beberapa tahap yang dijalankan yakni Tahap persiapan : administrasi dan perijinan program, Tahap Pelaksanaan : pendampingan belajar selama 15 minggu dimana  dimulai dengan Sosialisasi, Pembuatan Produk, Proses Implementasi (pelaksanaan terbagi dalam beberapa kelompok mentoring bimbel) dan Tahap Evaluasi ditutup dengan Tahap Pelaporan program. (Syifa)

Kontributor : Akhmad Musdani

 

Shared:
Shared:
1