Direktur Akademi Al-haramain Saudi Arabia Berikan Kuliah di UMM

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Sabtu, 12 Mei 2012 14:41 WIB

 

Malang- Universitas Muahammadiyah Malang  (UMM) kedatangan kunjungan Direktur Akademi Al-haramain Saudi Arabia, Dr. Abdul Razzaq Al-Babtien,Senin (7/5). Razzaq memberi kuliah tamu kerja sama International Relation Office (IRO) dengan Fakultas Agama Islam (FAI) UMM. Kuliah yang diahadiri oleh mahasiswa FAI tersebutdisambut dengan antusisas.

Razzaq menyatakan ilmu merupakan hal penting yang harus dipegang oleh masing-masing umat. Karena pada jaman sekarang banyak sekali bermunculan perilaku negatif di hidup manusia. “Ilmu adalah amanah yang harus dilaksanakan sendiri dan disebarkan nantinya ke orang lain,” katanya

 Ditambahkan, ada empat tantangan yang mempengaruhi dunia pendidikan saat ini. Diantaranya adalah pengaruh dari segi globalisasi, ekonomi, hilangnya identitas budaya,dan keterbukaan informasi.

Globalisasi lah yang banyak memberikan perubahan besar bagi pendidikan. Dari segi ini banyak hal bisa terhubung secara bebas tanpa ada batasan. Bahkan keterbukaan budaya juga terpengaruh dari globalisasi, dengan begini banyak konsep-konsep Islam yang dipengaruhi oleh kultur budaya barat.

“Orang tau banyak hal tapi kebanyakan dari mereka tidak memahami secara mendalam,” tegas Razzaq. Hal ini dikarenakan terbukanya pencarian informasi melalui dunia maya. Setiap orang dapat mengetahui sesuatu dengan luas, tetapi bila hal ini tidak dibarengi dengan keimanan seseorang, maka banyak orang akan merugi karenanya.

“Dengan begitu aspek keimanan menjadi hal yang penting untuk membentengi diri,” katanya. Makin baik iman seseorang, maka akan baik pula perilakunya. Selain itu iman juga bisa menjadi filter bagi diri. Sehingga seseorang tidak akan goyah walaupun dengan keterbukaan informasi yang ada pada era globalisasi. Selain itu juga tidak bisa dipungkiri bahwa inovasi, strategi, dan metode pendidikan juga harus selalu mengikuti perkembangan zaman, tetapi dengan tetap berpegang teguh kepada nilai dan akidah Islam.(www.umm.ac.id)(mac)

 

Shared:
Shared:
1