UM Purwokerto Terjunkan 220 Mahasiswa KKN ke Kabupaten Brebes

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 24 Juli 2017 20:26 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, PURWOKERTO – Sebanyak 220 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) pada Senin (24/7) dilepas untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN). Mereka dikirim ke 4 kecamatan wilayah selatan di Kabupaten Brebes. Masing-masing kecamatan lima desa, dan masing desa sekitar 11 mahasiswa peserta KKN.

Pelepasan ini ditandai dengan penyematan jaket dan tanda pengenal bagi para peserta di Aula Pendopo 2 Kecamatan Bumiayu.

“Peserta KKN merupakan mahasiswa dari berberapa fakultas, diantaranya kedokteran, pendidikan sosial, ekonomi dan lainnya. Sehingga mereka dapat memberdayakan masyarakat sesuai dengan bidangnya,” jelas Anjar Nugroho Wakil Rektor I UMP Bidang Akademik.

Anjar menjelaskan, KKN mahasiswa di Brebes bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat di berbagai bidang. Diantaranya, kesehatan, pendidikan, sosial, dan ekonomi.

“KKN mahasiswa UMP di Brebes sebelumnya dilaksanakan pada tahun 1990-an dan baru kali ini kembali dilaksanakan di Brebes. Sebelumnya KKN UMP fokus di wilayah selatan Jawa Tengah, seperti Banyumas, Kebumen,” ungkap Anjar.

Brebes kembai menjadi tujuan KKN mengingat semakin banyaknya jumlah mahasiswa di UMP, sehingga membutuhkan banyak daerah untuk pelaksanaan KKN. Apresiasi juga diberikan oleh pemerintah Brebes yang sangat terbuka dan menerima mahasiswa UMP yang jumlahnya tidak sedikit.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Bidang Ekbang, Diding Setiadi dalam hal ini mewakili Bupati Brebes dalam Penerimaan mahasiswa UMP tersebut mengatakan, Kabupaten Brebes akan sangat terbantu dengan adanya KKN Mahasiswa UMP.

“Masyarakat Brebes terbuka bahkan sangat terbantu dengan adanya KKN mahasiswa untuk peningkatkan pemberdayaan masyarakat,” katanya.

Diding berharap dengan adanya KKN mahasiswa UMP dapat meningkatkan pemberdayaan masyarakat baik dibidang kesehatan, pendidikan maupun ekonomi.

Kontributor: Tegar Roli                        

Shared:
Shared:
1