Haedar Nashir Resmikan Gedung Medical Emergency RS Siti Khodijah Sepanjang

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Minggu, 23 Juli 2017 16:12 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, SIDOARJO – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir pada Ahad (23/7) meresmikan gedung medical emergency Rumah Sakit (RS) Siti Khodijah Muhammadiyah Sepanjang, Sidoarjo Jawa Timur (Jatim).

Haedar mengatakan pembagunan gedung ini merupakan karya monumental dengan membangun RS yang representatif. “Muhammadiyah selalu punya elan vital untuk berbuat yang terbaik buat masyarakat, lewat RS, sekolah, dan berbagai macam dakwah yang sifatnya bil hal,” ucap Haedar.

Muhammadiyah, lanjut Haedar, ingin bangsa ini dapat menjadi bangsa yang unggul, dan menjadi bangsa yang tidak terlalu banyak retorika. “Namun kenyataannya kita kalah saing, tidak kuat SDM, dan tidak punya tonggak-tonggak kemajuan,” imbuh Haedar.

Muhammadiyah telah berjuang dalam membangun kawasan timur Indonesia. Dan Muhammadiyah juga ingin bangsa ini untuk fokus juga membangun, dengan itu kita dapat mengurangi centang perenang berbagai hal yang menguras energy di tubuh bangsa ini.

“Kita harus menjadi bangsa yang rasional dalam menyelesaikan masalah, tidak dengan melakukan pendekatan politik terus menerus, begitu juga kalau kita ada masalah di tubuh bangsa ini, kita jangan menyelesaikannya dengan cara-cara komunal, dengan cara komunal itu maka akan memunculkan sifat komunal lainnya,” ucap Haedar.

Terlepas dari hal itu, Moch Hamdan Direktur RS Siti Khodijah Sepanjang menjelaskan bahwa RS Siti Khodijah didirikan sejak 26 November 1967. “Rumah Sakit ini didirikan sebagai wujud misi dakwah Muhammadiyah amar ma’ruf nahi munkar yaitu upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya bagi kalangan ekonomi menengah dan kurang mampu,” ucapnya.

Kehadiran RS ini, lanjut Hamdan juga dalam rangka mendukung terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya yang sehat jasmani dan rohani. Kini setelah hampir setengah Abad sejak berdirinya, RS Siti Khodijah Sepanjang telah menjadi Rumah Sakit terbesar di Sepanjang dan sekitarnya dan telah tersedia berbagai Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang dibutuhkan Masyarakat.

“Rumah Sakit ini juga telah dilengkapi dengan Peralatan dan Teknologi terbaru dan canggih dibidang Kesehatan,” ungkap Hamdan.

Hamdan juga berharap dengan adanya bangunan tambahan medical emerceny dapat semakin memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama masyarakat miskin dan tidak mampu yang membutuhkan layanan kesehatan.

Bangunan gedung tujuh lantai ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang, diantaranya Unit Gawat Darurat (UGD), laboratorium, ruang rawat inap, ruang endoskopi, dan juga ruang cuci darah. (adam)

Sumber Foto: Asrul/Ilma

Shared:
Shared:
1