SMP Muhammadiyah PK Solo Tumbuhkan Mental dan Karakter Siswa Baru Melalui MOPD

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Jum'at, 21 Juli 2017 11:19 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, SOLO -- Sebanyak 90 siswa baru kelas 7 SMP Muhammadiyah Program Khusus Kota Solo mengikuti kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) di sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan selama lima hari sejak Jum’at (14/7) hingga Kamis (20/7).

Beragam kegiatan MOPD yang dilakukan bertujuan untuk menumbuhkan mental dan karakter siswa serta membuat siswa mudah beradaptasi dengan sekolah.

Kusmira Dwi Ayuani Ketua MOPD menjelaskan bahwa tujuan diselenggarakan kegiatan ini untuk memperkenalkan para siswa tentang kultur (budaya) sekolah dan lingkungan fisik sekolah. “Selain itu, melalui kegiatan ini kita ingin mengakrabkan para siswa dengan warga sekolah” terang Kusmira.

Tambah Kusmira, melalui kegiatan ini sekolah mengharapkan para siswa mampu berperilaku sesuai dengan norma dan aturan di sekolah serta meningkatkan rasa kepemilikan sekolah. Sehingga para siswa akan memanfaatkan waktu belajar  semaksimal mungkin di sekolah untuk mengukir prestasi-prestasi yang luar biasa.

Disamping itu, Shafa Nabila Ramadhani siswa kelas 7 C bersama kelompoknya dalam kegiatan MPDO mengikuti kreativitas membuat miniatur. “Kami membuat model perahu dan dermaganya karena perahu lebih simple. Selain itu, perahu bisa jadi solusi kemacetan transportasi kota karena perahu lewat sungai atau laut,” pungkas Nabila.

Kegiatan MOPD diakhiri dengan berbagai kegiatan perlombaan diantaranya lomba tartil, adzan, khitobah, cerdas cermat, menulis cerita pendek, menyanyi, dan miniatur. (tuti)

Kontributor : Aryanto

 

Shared:
Shared:
1