Gus Ipul: Muhammadiyah Miliki Peran Membangun Jawa Timur

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 20 Juli 2017 10:25 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, SURABAYA - Mewujudkan pembangunan yang progresif dan situasi yang kondusif dibutuhkan peran dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat. Dukungan itu dapat didapat dari tahap perencanaan hingga pelaksanaan, dan evaluasi.

Hal tersebut seperti dikatakan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim), Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul, bahwa keterlibatan seluruh elemen masyarakat secara maksimal.

"Kita membangun Jatim bersama, dengan gotong royong, maka hasil pembangunan harus dirasakan pula oleh semua pihak, bukan cuma kelompok tertentu saja," jelasnya saat menjadi keynote speaker pada Halal bi Halal Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Jatim, Ahad (16/7).

Gus Ipul melanjutkan, salah satu upaya yang bisa dilakukan dalam rangka membangun Jatim adalah dengan pembangunan infrastruktur yang terintegrasi, aksesibilitas pendidikan, dan perluasan jangkauan pelayanan kesehatan yang bersifat preventif.

"Pemeritah pun harus hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan pelayanan yang maksimal, juga berperan  dalam memberikan jaminan perlindungan, keamanan sosial dan perbaikan kelayakan hidup pada masyarakat,” tambahnya.

Upaya membangun Jatim ini, kata Gus Ipul, Muhammadiyah memiliki peran dalam pembangunannya. Menurutnya, Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) dalam bidang pendidikan, kesehatan, panti sosial dan ekonomi dapat menjangkau umat sampai tingkat paling bawah sehingga Muhammadiyah banyak diterima dengan santun oleh masyarakat Jatim.

"Muhammadiyah juga berperan besar dan sangat aktif dalam rangka penyebaran agama (dakwah) dan pemeliharaan sikap hidup yang mendukung kondusivitas Jatim yang bisa dilihat dari kegiatan dakwahnya dengan pengiriman mubaligh dan berbagai kegiatan keagamaan, semoga Muhammadiyah bisa terus ikut serta membangun Jatim," tutupnya. (nisa)

Kontributor: Ubay

 

Shared:
Shared:
1