Majelis Tabligh PP Muhammadiyah Siapkan Dakwah Development Center

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 20 Juli 2017 09:53 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA – Majelis Tabligh (MT) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah memiliki rangkaian program kerja nasional dalam menyebarluaskan ajaran Islam, sesuai dengan visi dan misi nya yakni MT PP Muhammadiyah memiliki tujuan untuk menjadi penyebar utama agama Islam yang berdasar Al-Qur'an dan As-Sunnah.

Salah satu program rutin MT adalah pelatihan mubaligh mahasiswa Muhammadiyah yang diikuti oleh Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM). “Adapun pesertanya yakni pelajar atau mahasiswa yang aktif di organisasi seperti Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), dan Pemuda Muhammadiyah,” jelas Ananto Isworo selaku staff MT PP Muhammadiyah ketika ditemui pada Rabu (19/7) di Kantor MT Jalan Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Sebagai majelis yang membina mubaligh Muhammadiyah, MT memiliki program unggulan untuk para mubalighnya yaitu peningkatan kualitas dan kompetensi mubaligh yang diadakan rutin di setiap regional. MT juga memiliki program yang disebut rihlah dakwah. “Rihlah dakwah itu MT PP Muhammadiyah akan mengunjungi daerah-daerah, minimal biasanya tiga daerah yang dikunjungi dalam satu kali putaran. Dimulai dari habis ashar jadi tidak mengganggu jam kerja pengurus daerah,” ujar Ananto.

MT PP Muhammadiyah juga sedang menyiapkan dakwah development center sebagai salah satu program kerja unggulannya. Dakwah development center bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan saat ini masih dalam proses pembangunan gedung. MT PP Muhammadiyah juga berencana membangun gedung di kawasan masjid baitun nafi yang terletak di Tamantirto, Kasihan, Bantul untuk mendukung program kulliyatul mubalighin (S1) untuk mempersiapkan calon-calon mubaligh Muhammadiyah.

Kulliyatul mubalighin nanti nya akan memiliki kurikulum yang bekerja sama dengan program studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) UMY, dan juga Ma'had Ali UMY sebagai landasan bahasa arab,” terang Ananto.

Program unggulan lain dari MT PP Muhammadiyah yakni program tahfidz satu tahun yang sudah berjalan di pusat pendidikan dan pelatihan (pusdiklat) mubaligh Muhammadiyah, tepatnya di pesantren An-Nahl Sukabumi.

Program rutin lain yang dilakukan MT PP Muhammadiyah yaitu dalam bentuk pengajian, yakni pengajian malam Selasa yang diadakan di Mu'allimin Yogyakarta dan pengajian tafsir setiap Kamis pagi di Kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah Yogyakarta yang bekerjasama dengan ADI TV.

Diluar program kerja unggulannya, MT PP Muhammadiyah juga memiliki divisi yang biasa disebut divisi pelayanan. Divisi tersebut melayani daerah-daerah yang meminta diadakan pengajian atau pelatihan oleh MT PP Muhammadiyah.

“MT PP Muhammadiyah siap melayani permintaan pengajian atau pelatihan dari daerah-daerah karena ke depannya diharapkan semakin banyak mubaligh Muhammadiyah yang berkualitas dan memiliki kompetensi, kedua hal tersebut bisa didapatkan dari pengajian atau pelatihan yang diadakan oleh MT PP Muhammadiyah,” tutup. (Fika Laila)

Shared:
Shared:
1