Banjir Melanda Bangka Belitung, MDMC Sigap Kerahkan Bantuan

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 19 Juli 2017 10:48 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, BANGKA BELITUNG – Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) sigap mengulurkan tangan kepada korban banjir di Bangka Belitung. Banjir yang diakibatkan karena guyuran hujan sejak tanggal 14 Juli 2017 itu menyebabkan terendamnya rumah dengan kedalaman 1-2 meter di 10 kecamatan.

Sebagai informasi, banjir tersebut terjadi di Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur. Kecamatan Simpang Renggiang, Kepala Kamping, Dendang, Damar, Gantung, dan Manggar, menjadi area yang terendam cukup parah

Disampaikan oleh Kuswanto, Ketua MDMC PWM Sumatera Selatan (Sumsel), banjir yang diakibatkan karena guyuran hujan sejak 14 Juli tersebut mengundang banjir yang mulai terjadi pada 16 Juli 2017. Ada 1.750 orang terdampak banjir.

“Banjir melumpuhkan aktivitas warga dan merusak sejumlah fasilitas di sini. Kami MDMC mengirimkan bantuan medis yang tediri dari satu dokter, dua perawat dan tim pengkaji cepat kebutuhan terdampak,” ujar Kuswanto.

Akibat dari banjir itu, kata Kuswanto, jalan menuju Kecamatan Gantung menjadi terhambat sehingga tim pengirim bantuan tidak bisa menuju daerah tersebut. Kecamatan Gantung menjadi area terparah korban banjir, akses jalan pun tidak bisa dilalui karena terputus.

“Pengiriman logistik bantuan untuk terdampak diserahkan kepada MDMC Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Beltim yang tersebar di beberapa titik evakuasi terdampak seperti di Kantor Desa Selinsing, Kantor Kecamatan Gantung, TPA PAUD Arwana, dan Masjid An Nur Nujau,” tambahnya.

Bagi yang ingin mengirimkan bantuan untuk korban banjir, daerah terdampak membutuhkan beras, minyak, lilin, mie, pakaian, selimut, obat-obatan, air mineral, susu formula untuk bayi dan peralatan dapur.  (nisa)

Shared:
Shared:
1