Muhammadiyah Gelar Lomba Panahan Tradisional Gaya Mataraman

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Minggu, 10 April 2011 23:19 WIB

Yogyakarta- Lembaga Seni Budaya dan Olahraga Pimpinan Pusat Muhammadiyah bekerjasama dengan Pengurus Provinsi Persatuan Panahan Indonesia (Pengprov Perpani) DI Yogyakarta menyelenggarakan acara Lomba Panahan Tradisional Gaya Mataraman “Piala Muhammadiyah”. Lomba ini digelar pada Ahad, 10 April 2011 di Alun-alun Utara Yogyakarta, diikuti sekitar 100 orang peserta dari berbagai daerah, seperti Yogyakarta, Klaten, Solo, Cilacap, dan lain-lain. Bahkan, ada satu orang peserta yang berasal dari negeri Belanda.

Menurut Drs. H. Ahmad Djam’an, M.Pd.I, Wakil Ketua Lembaga Seni Budaya dan Olahraga Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang membidangi kegiatan olahraga, lomba bertaraf nasional sebagai gebrakan awal dari Muhammadiyah dalam rangka berperan aktif mengembangkan minat, bakat dan prestasi masyarakat khususnya di bidang olahraga. Muhammadiyah, jelas Djam’an, baru mulai periode ini (2010-2015) secara struktural memiliki lembaga yang mengurusi bidang olahraga, yakni Lembaga Seni Budaya dan Olahraga, sebelumnya hanya Lembaga Seni Budaya saja.

Drs. H. Syukriyanto AR. M.Hum., selaku Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengemukakan dalam sambutannya, di samping ikut menggiatkan bidang olahraga, dengan menggelar lomba panahan ini juga dapat dikatakan mengikuti sunnah Nabi Muhammad saw, yang memerintahkan ummatnya untuk gemar berolahraga, khususnya memanah dan berkuda.

Adapun hasil lomba, kategori putra; Juara I: Harjanto dari Wedi, Klaten, Juara II: Pujiono dari Jatinom, Klaten, dan Juara III: Riyadi dari Solo. Untuk kategori putri; Juara I: Wiwik AW dari Karanganyar, Juara II: Sukarsih dari Kulonprogo, dan Juara III: Ari Setyaningsih dari Klaten. Masing-masing Juara mendapatkan trophy dan uang pembinaan.(Amiruddin)

Shared:
Shared:
1