Siapkan Ulama Handal, PWM Sulsel Pendidikan Kader Tarjih Se-KTI

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 07 Mei 2012 13:41 WIB

Makassar- Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin dijadwalkan akan membuka Pendidikan Ulama Kader Tarjih Regional Sulawesi dan Kawasan Timur Indonesia pada tanggal 17 Mei 2012 mendatang bertempat di Auditorium Unismuh Makassar, yang diungkapkan Kasjim Salenda, wakil ketua Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel di sekretariat Muhammadiyah Sulawesi Selatan, Jl. Perintis Kemerdekaan no. 38 Makasaar, Senin(07/05/2012).

 

Husni Yunus, selaku sekertaris panitia mengatakan bahwa, acara ini akan diikuti sejumlah 200 ulama se Kawasan Timur Indonesia dari pengurus Tarjih Muhammadiyah serta pimpinan Pondok pesantren Muhammadiyah se KTI, dengan tujuan untuk meyiapkan kader Ulama Tajih Muhammadiyah yang diharapkan dapat mengarahkan umat pada posisi yang jelas pada pemahaman tentang metodologi Ijtihad dan Istimbath. "Posisi Muhammadiyah Sulsel saat ini mengalami kondisi yang menghawatirkan, dimana dari 23 Pengurus Muhammadiyah Daerah se Sulsel, hanya sedikit yang memilki kemampuan dalam pemahaman kitab gundul dan dapat disebut sebagai Kiyai, sementara yang lainnya mayoritas hanya berlatar belakang pendidikan Agama Islam melalui sistem pengajian saja," terangnya. Untuk memacu hal tersebut, menurut Husni, maka pelatihan ini menjadi kekuatan Muhammadiyayh dalam melahirkan kader Ulama yang berkualitas.

 

Rencananya pada pelatihan nanti yang berlangsung selama empat hari, akan dilaksanakan dalam bentuk sistem pendidikan pondok, peserta akan di bimbing langsung dengan Tim Kyai Muhammadiyah yang masing -masing KH.Djamaluddin Amien, KH.Jayatun, KH.Ali Hasan, KH.Baharuddin Pagim, KH.Dahlan Yusuf, KH.Muh.Alwi Uddin, KH.Jalaluddin Sanusi, serta tim Intelektual Muhammadiyah yakni Prof.Dr.H.Ambo Asse, Prof.Dr.H.Arifuddin Ahmad, Prof.Dr.H.Mardan, Prof.H.Ali Parman, Prof.Dr.H Rusydi Khalid, Prof.Dr.H.Kasjim Salenda, Prof.Dr.H.Abdillah, serta sejumlah kader tarjih Muhammadiyah lain. (mac)

Foto: ilustrasi http://foto.okezone.com/view/1154/jama-ah-muhammadiyah-makassar-salat-idul-adha

 

 

Shared:
Shared:
1