Ideologi Muhammadiyah Penting untuk Ditanamkan

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Jum'at, 14 Juli 2017 10:27 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, TANGGERANG SELATAN – SMA Muhammadiyah 25 mengadakan penanaman ideologi Muhammadiyah dan bimbingan teknis kurikulum 13 (K13) dalam rangka menyambut tahun ajaran baru.

Komisioner Komnas HAM RI, Maneger Nasution, menyampaikan bahwa hal penting yang harus ditanamkan sebagai ideologi Muhammadiyah salah satunya adalah Matan Keyakinan Dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah (MKCHM).

"Puncak dari Ideologi Muhammadiyah adalah MKCHM, Langkah 12 Muhammadiyah,  Mukadimah Anggaran Dasar Muhammadiyah, dan Masalah 5 yaitu Agama, Dunia, Ibadah, Sabilillah,  Qiyas," jelas Maneger di Aula SMA Muhammadiyah 25 Pamulang pada Kamis (13/7).

Maneger menambahkan selain hal- hal tersebut, Lima Karakter Islam Berkemajuan juga perlu diketahui, diantaranya adalah tauhid bersih, memahami Al-Qur'an dan sunnah secara mendalam, melembagakan amal shalih yang fungsional dan solutif, berorientasi kekinian dan masa depan serta bersikap toleran,  moderat dan suka bekerjasama.

Sedangkan Kepala SMA Muhammadiyah 25, Zesmita Umar, menyampaikan bahwa Muhammadiyah harus menjadikan ideologi islam sebagai pandangan hidup, tujuan hidup dan cara berjuang di dalam kehidupan.

"Sebagai pelaku pendidikan di lingkungan Muhammadiyah, maka kita harus menjaga ideologi tersebut sebagai pegangan hidup kita terutama dalam proses belajar mengajar," tutur Zesmita. (nisa)

Kontributor: Fathurrahman Poci

 

 

Shared:
Shared:
1