Sukses dengan Program Kespro, PP ‘Aisyiyah Akan Ciptakan Terobosan Baru

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Jum'at, 14 Juli 2017 10:24 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, JAKARTA – Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah menggelar kegiatan pertemuan Forum Mitra MAMPU pada 11-12 Juli 2017 di Jakarta. Forum itu terdiri dari kemitraan Australia-Indonesia untuk Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan. Kegiatan tersebut mengambil tema "Kepemimpinan Perempuan untuk Mengakhiri Pemiskinan Perempuan dan Ketimpangan Relasi Gender”.

Pada kegiatan tersebut, PP ‘Aisyiyah memaparkan tentang Layanan Akses Tes IVA dan Sadarnis. Disampaikan oleh Tri Hastuti Nur Rochimah, Koordinator Program MAMPU 'Aisyiyah, mengatakan bahwa layanan akses tes IVA dan sadarnis merupakan salah satu isu yang menjadi perhatian dan kerja 'Aisyiyah.

"Isu kesehatan reproduksi masih minim diketahui perempuan Indonesia, karena itu kader 'Aisyiyah di 16 kabupaten/kota melakukan sosialisasi dan mobilisasi para perempuan untuk lebih tahu, peduli dan aktif tentang kesehatan reproduksi mereka," ujar Tri di hadapan Bappenas, KPPPA, Kedutaan Besar Australia, dan juga Mitra MAMPU yang lain.

Atas usaha ‘Aisyiyah dalam bidang kesehatan perempuan ini, kata Tri, akhirnya ‘Asiyiyah mendapatkan apresiasi. Adapun layanan kesehatan yang disediakan oleh ‘Aisyiyah adalah layanan Fasilitas Kesehatan (Faskes) Tingkat I dengan pendekatan hak perempuan, Rumah Gizi di BSA, Desa Peduli Kespro dan Gerakan Infaq Sayang Ibu (GISI), juga Kartu Menuju Sehat (KMS) untuk pemeriksaan IVA dan Kespro.

“Terlepas dari itu, tentu kami akan tetap menciptakan beberapa terobosan baru yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi di lapangan, khususnya terkait kesehatan reproduksi perempuan,” tambah Tri.

Selanjutnya pada kegiatan itu, PP ‘Aisyiyah juga mengundang enam orang perempuan kader 'Aisyiyah sebagai perwakilan komunitas dampingan 'Aisyiyah yakni Balai Sakinah 'Aisyiyah (BSA) yang berasal dari Bantaeng, Magelang, Blitar, Cilacap, Pangkep, dan Sambas untuk berbagi tentang kisah dan perubahan yang telah dilakukan bersama kader dan kelompok BSA. (nisa)

Sumber: www.aisyiyah.or.id

 

Shared:
Shared:
1