Ponpes Al-Mizan Muhammadiyah Lamongan: Pelajari Bahasa Arab Agar Mahir Menafsir Al-Qur’an

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 12 Juli 2017 15:12 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, LAMONGAN– Pondok Pesantren Al Mizan Muhammadiyah Lamongan membuka kelas Kajian Islam dan Bahasa Arab (KIRAB) mulai tanggal 12-19 Juli 2017 di Masjid Al Ghaihab Al Islamy PP Al Mizan Muhammadiyah Lamongan. Penyelenggaraan kegiatan itu bekerjasama dengan  FoSKI LIPIA Jakarta (Forum Silaturrahim dan Kajian Dakwah Islam Mahasiswa Wilayah Jawa Timur) dan diikuti oleh 50 peserta.

Suwito, Kabag Pondok Pesantren mengatakan bahwa alasan diadakannya dauroh tersebut untuk mengembangkan potensi santriwan dan santriwatinya dalam  hal berbahasa karena perkembangan dunia islam dan global membuat banyak orang dituntut paham dan mengerti berbagai macam bahasa dunia, salah satunya bahasa arab.

“Kesempatan langka ini harus dimanfaatkan para santri untuk belajar dengan serius, tak lupa untuk selalu semangat demi mengembangkan keilmuannya maupun untuk perkembangan pesantren kedepan,” sambungnya.

Suwito juga menambahkan bahwa dauroh ini tidak serta merta hanya sebagai sarana meningkatkan pengetahuan berbahasa santri namun juga sebagai dorongan semangat para santri untuk belajar Al Quran dan mengamalkannya.

Kemudian Ihsan, perwakilan FoSKI LIPIA wilayah Jawa Timur menyebutkan bahwa kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan bahasa arab santri terutama dalam hal memahami Al Quran.

“Sebagaimana tujuan acara ini diselenggarakan, kami ingin santri santri ini mampu meningkatkan kemapuan berbahasa arabnya, terutama untuk mempelajari al Quran dan juga sebagai sarana mempelajari literatur literatur islam Timur Tengah,” ungkapnya. (nisa)

Kontributor: Irvan Shaifullah

 

Shared:
Shared:
1