UMS Kini Miliki Program Studi Doktor untuk Pendidikan Agama Islam

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Minggu, 09 Juli 2017 13:53 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, SURAKARTA – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) resmi membuka Program Studi Doktor (S3) Pendidikan Agama Islam (PAI). Hal itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Nomor 3391 Tahun 2017 tertanggal 19 Juni 2017.

Seperti dikutip dalam halaman website ums.ac.id, Ketua Program Studi Doktor PAI UMS, Musa Asy'arie mengatakan fokus kajian Program Studi Doktor PAI ini pada demokrasi dan multikulturalisme.

“Ini penting karena tantangan Indonesia ke depan problem multikulturalisme,” tegasnya.

Sejak 1997 magister PAI UMS sudah melahirkan ratusan alumni dan telah terakreditasi A. “UMS pantas untuk membuka program doktor PAI. Ini juga mengambil pasar yang sudah diciptakan sendiri," kata Musa.

Musa mengatakan, mulai bulan Juli ini sudah menerima mahasiswa baik dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) se Indonesia maupun yang lainnya. Targetnya 20 mahasiswa untuk angkatan pertama, dan September  2017 sudah mulai kuliah.

Direktur Pendidikan Tinggi Islam pada Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Islam Kementerian Agama, Nizar Ali menyampaikan program doktor PAI ini menjadi sebuah kebutuhan bagi alumni yang pernah kuliah di PTM. Fokus kajian yang dipilih sangat potensial berkembang untuk kebutuhan bangsa.

"Kajian demokrasi dan multikuturalisme pada Program Studi Doktor PAI di UMS ini merupakan satu-satunya dan pertama di Indonesia," pungkas Nizar. (adam)

 

Shared:
Shared:
1