Muhammadiyah Banyuwangi Kembangkan Sayap Dakwah Sosial

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 03 Juli 2017 14:35 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, BANYUWANGI – Pimpinan Cabang Muhammadiyah(PCM)Kecamatan Purwoharjo resmi mendirikan Panti Asuhan, berbarengan dengan kegiatan Halal bi Halal yang diselenggarakan oleh PCMPurwoharjo di Ranting Muhammadiyah Jatirejo Selatan. Momen ini, dihadiri oleh perwakilan Pimpinan wilayah Muhammadiyah Jawa Timur (PWM Jatim)Nadjib Hamid, dan perwakilan PDM Banyuwangi Suhadak Asyari.

Melihat semangat yang tinggi, diyakini pembangunan panti asuhan akan selesai dalam tiga bulan kedepan. “Melihat semangat tinggi untuk terus berdakwah dan mencerahkan umat, yakin pembangunan panti asuhan ini bisa selesai dalam tiga bulan kedepan dan bisa segera dipergunakan untuk pemberdayaan”, tuturSuhadak Asyari, perwakilan PDM Banyuwangi.

Melalui pembangunan panti asuhan ini,lanjutnya,gerakan dakwah sosial Muhammadiyah di  Banyuwangi semakin menunjukkan geliat masif. Selain sebagai pemberdayaan di sektor pendidikan, juga menjadi sarana penyadaran umat atas rasa saling memiliki. “Sebagaimana tafsir Al-Ma’un yang dikembangkan oleh KHA. Dahlan bahwa harus ada tindakan nyata atas satu penggal ayat Quran, sehingga menjadi nalar qurani yang senantiasa hidup,” jelasnya.

Sedangkan, Nadjib Hamid mengatakan   pengembangan dakwah sosial menjadi sarana efektif untuk model dakwah baru. Kondisi sosial masyarakat yang semakin kompleks,bergeser dari kultur agraris ke industrial, dari tradisional ke modern, jelas membutuhkan pengembangan model dakwah baru. Dalam hal ini, Muhammadiyah menjadi pelopor gerakan dakwah sosial yang riil mencerahkan masyarakat.“Muhammadiyah itu menjadi inspirasi gerakan pemberdayaan, sehingga masyarakat menjadi maju, makmur, sejahtera dan tercerahkan”.

Menurutnya, gerakan Muhammadiyah abad kedua memang harus mampu menyentuh masyarakat. “Gerakan-gerakan modern dalam mencerdaskan umatseperti Panti Asuhan, adalah lahan penting yang patut terus dikembangkan. Gerakan ranting, dan Gerakan Jamaah Dakwah Jamaah (GJDJ) harus terus digalakkan. Dalam pada ini, pendirian panti Asuhan Muhammadiyah yang bertempat di Ranting Muhammadiyah Jatirejo Selatan, Kecamatan Purwoharjo ini adalah wujud penguatan dakwah grass root ala Muhammadiyah,” paparnya. (Syifa)

Sumber :  Azhar Syahida

  

Shared:
Shared:
1