Menginjak Satu Abad, HW Tingkatkan Bakti dan Kontribusi

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 03 Juli 2017 12:01 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, JAKARTA – Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (HW) merupakan organisasi otonom Muhammadiyah yang bergerak dalam bidang kepanduan putra maupun putri, HW didirikan pada 1918 di Yogyakarta. Organisasi ini didirikan dengan tujuan untuk mewujudkan masyarakat utama, adil dan makmur yang diridhai Allah dengan jalan menegakkan dan menjunjung tinggi Agama Islam lewat jalur pendidikan kepanduan.

Di usia HW yang hampir satu abad, HW terus turut serta mencetak kader yang peduli cinta tanah air. Hal tersebut seperti dikatakan oleh Muchdi Purwoprandjono, Ketua Umum Kwartir Pusat Hizbul Wathan. Muchdi mengatakan bahwa dalam rangka 100 tahun HW, HW akan meningkatkan peran sertanya melalui beberapa program.

“Dalam rangka 1 abad HW, kita akan melaksanakan beberapa kegiatan yaitu napak tilas Jendral Sudirman dari Purwokerto-Cilacap, lalu puncaknya akan melaksanakan silatnas atau jambore nasional HW yang telah direncanakan akan mengundang pandu-pandu islam dan dilaksanakan di Gunung kidul,” ujar Muchdi saat ditemui di Pelatihan Kepanduan Nasional Hizbul Wathan yang diselenggarakan pada 1-8 Juli 2017 di Puslitbang Muhammadiyah Kaliurang..

Lebih lanjut Muchdi mengatakan bahwa HW sebagai organisasi kepanduan telah menjadi bagian dari gerakan dakwah amar ma’ruf nahi munkar khususnya sebagai penyeru dakwah outdoor.

“Sebagai ortom Muhammadiyah, HW selalu mengupayakan agar bisa memberi kontribusi dan bakti pada Muhammadiyah maupun pada negeri, HW patuh dan sa’mina wa athona pada Muhammadiyah tentunya dan pada pemerintah,” pungkas Muchdi. (nisa)

Shared:
Shared:
1