Manusia Memiliki Peran Besar dalam Menjaga Bumi

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 26 Juni 2017 05:43 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, JAKARTA – Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati menggelar sholat Idul Fitri pada Ahad (25/6) di Masjid Baiturahman Jalan Dewi Sartika No 316A Cawang Kramat Jati Jakarta Timur. Adapun yanng menjadi khatib dan Imam yaitu Ustadz Ledung Sutarno, Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 4 Jakarta.

Dalam khutbahnya, Ia menyampaikan tema adab islami terhadap sesama makhluk Allah.

“Perbedaan manusia dengan makhluk Allah yang lain terletak pada berakhlak atau tidak. Ketika manusia tidak menjadikan akhlak sebagai ukuran hidup maka pada saat yang sama tidak berbeda antara manusia dengan hewan, tumbuhan serta lainnya,” ungkapnya.

Ledung mengingatkan sebagai wakil (khalifah) Allah di bumi, manusia harus bertanggung jawab menjaga bumi demi kelestariannya dengan menjaga lingkungan hidup termasuk kehidupan seluruh makhluk lain seperti hewan dan tumbuh-tumbuhan.

"Kita dapat lihat dengan banyaknya bencana yang melanda di negeri kita seperti banjir dan tanah longsor yang penyebabnya ternyata bukan hanya faktor alam saja, tetapi juga karena kelalaian kita dalam menjaga lingkungan alam,” tambah ledung.

Tugas manusia, lanjut Ledung hendaknya mulai saat ini berusaha untuk menjaga alam dan lingkungan sekitar, termasuk menjaga berbagai hewan dan tumbuhan yang semakin di eksploitasi untuk tujuan tertentu tanpa memikirkan akibat yang timbul sesudahnya.

Kontributor: Desliana

 

Shared:
Shared:
1