Studi Banding, Kementerian Kesehatan India Kunjungi RS PKU Muhammadiyah Jogja

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Sabtu, 05 Mei 2012 15:38 WIB

 

Yogyakarta- Rombongan Kementerian Kesehatan India yang diketuai Aimaduddin Ahmad, Jum’at (05/05/2012) mengunjungi RS PKU Muhammadiyah Jogja di Jl. KHA Dahlan. Dalam kesempatan tersebut Aimaduddin Ahmad menyampaikan keinginannya untuk melihat secara langsung dan studi banding mengenai kesehatan reproduksi, keluarga berencana, dan penanggulangan HIV/ AIDS.

Aimaduddin Ahmad mengungkapkan fungsi dari Keluarga Berencana (KB) itu sendiri ialah membantu menyelesaikan masalah kependudukan dan tercapainya keluarga bahagia dan sejahtera. Namun masih banyak masyarakat yang mengabaikan hal tersebut. “Sebagian mereka berasumsi menggunakan program keluarga berencana (KB) itu melanggar ajaran agama, Oleh sebab itu “Family Planning and Gender Related Issues of Rajasthan Officials-India” mengadakan kunjungan studi di PKU Muhammadiyah ini, karena ditinjau RS PKU Muhammdiyah ialah pusat kesehatan ( Rumah Sakit ) yang berbasiskan keagamaan yang banyak dalam menyikapai masalah tersebut,” jelasnya.

Rombongan diterima oleh langsung direktur utama RS PKU Jogja dr. H. Ahmad Hidayat, SpOG MKes yang sekaligus memaparkan tentang pelayanan RS PKU Jogja dibidang KB dan kesehatan reproduksi. Dalam paparannya dokter Hidayat panjang lebar menjelaskan tentang pelaksanaan layanan KB yang ada di RS PKU Jogja seperti IUD, Sterilisasi, implant, suntik, pil, dan lain sebagainya. Di akhir kunjungan, rombongan juga diajak berkeliling rumah sakit khususnya melihat dari dekat proses pelayanan KB di poliklinik Obsgyn maupun pelayanan VCT di ruang ‘Gemphita’ yaitu sebuah ruangan khusus yang terjaga privacinya untuk layanan konseling dan testing HIV /AIDS. (mac)

Shared:
Shared:
1