Muhammadiyah Sediakan Posko Kesehatan Bagi Para Pemudik Dari Merak Hingga Jember

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 20 Juni 2017 21:08 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, JAKARTA – Menyambut Hari Raya Idul Fitri 2017 yang akan jatuh dalam beberapa hari kedepan, Pimpinan Pusat Muhammadiyah melalui Lazismu menggagas sebuah program Posko MudikMu Aman yang dipersembahkan bagi masyarakat yang akan melaksanakan mudik lebaran.

Program ini merupakan salah satu program pemberdayaan yang beprinsip untuk memberikan layanan siaga kepada para pemudik. Berdasarkan data Direktorat Jenderal Perhubungan Darat ada sekitar 3,06 juta kendaraan roda empat dan 5,14 juta pemotor untuk tahun 2016, sementara tahun 2017 diprediksi jumlah itu meningkat menjadi 3,48 juta kendaraan roda empat dan 6,07 juta pemotor.

Andar Nubowo, Direktur Lazismu, mengatakan dengan hadirnya Posko MudikMu Aman tersebut sangat membantu para pemudik untuk istirahat sejenak setelah menempuh perjalanan yang panjang. Di posko ini pemudik dapat menikmati layanan fasilitas umum seperti toilet dan parkir gratis.

“Pemudik juga dapat beristirahat sambil menikmati layanan kesehatan gratis dan WiFi gratis serta fasilitas pengisian alat komunikasi yang memudahkan pemudik untuk saling tentang perjalanan mudik,” papar Andar saat jumpa pers di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Jakarta, Selasa (20/6).

Sementara itu Hajriyanto Y. Thohari, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengatakan program yang dikerjakan bersama MDMC dan Rumah Sakit Siaga Muhammadiyah ini merupakan pengejawantahan filantropi Muhammadiyah.

“Atas nama Pimpinan Pusat Muhammadiyah kami mengundang kepada para pemudik untuk tidak sungkan memanfaatkan Posko MudikMu Aman dengan fasilitas yang telah disediakan yang kesemuanya itu gratis tanpa dipungut biaya,” ujar Hajri.

Ia juga berharap agar para pemudik senantiasa diberikan kelancaran, kesehatan dan tetap bergembira ria untuk bertemu keluarga tanpa halangan apapun dan kembali ke Ibu Kota dengan sehat. “Pimpinan Pusat Muhammadiyah juga mendoakan kepada yang bertugas di posko MudikMU diberikan kesehatan kekuatan, kesabaran dan kegigihan untuk terus mengamalkan spirit filantropi yang diwariskan KH. Ahmad Dahlan,” pungkas Hajri.

Posko MudikMu aman akan melayani pemudik selama sepuluh hari yakni sejak H-5 hingga H+5 Idul Fitri. Program yang pertama kali dilaksanakan ini sementara terfokus di pulau Jawa yang tersebar di 50 titik posko di sepanjang jalur mudik dari Merak hingga Jember. (raipan)

Shared:
Shared:
1