Haedar: Memelihara Media dengan Baik Merupakan Bagian dari Dakwah

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 14 Juni 2017 20:20 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA – Di tengah arus media yang memasuki ranah globalisasi, peran media menjadi semakin penting sebagai fasilitas penyedia informasi. Media juga dijadikan senjata oleh pihak-pihak yang memiliki kepentingan, karenanya peran media sebagai pilar ke-empat pada negara demokrasi harus tetap diperhatikan agar perannya tetap berada dalam koridor yang benar.

Penyampaian pentingnya media disampaikan oleh Haedar Nashir, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Haedar mengatakan bahwa saat ini, media luar jaringan (luring) maupun dalam jaringan (daring) memiliki peran penting dalam pergulatan informasi.

“Keberadaan media di Muhammadiyah itu penting dan krusial, yakni dalam ikut serta berkontribusi untuk persyarikatan, di tengah arus informasi yang dinamikanya tinggi, harus mampu bersaing,” ujar Haedar dalam forum bina ideologi pengelola media Muhammadiyah di Kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah Yogyakarta, Rabu (14/6).

Lebih lanjut Haedar mengatakan bahwa media Muhammadiyah harus bisa bersaing untuk membuat informasi yang benar, akurat dan dinamis sehingga bisa membentengi persyarikatan dari informasi yang pengemasannya kurang baik atau cenderung hoax.

“Apapun yang dilakukan bernilai ibadah, termasuk menjaga dan memelihara media dengan baik adalah bagian dari ibadah dakwah. Lalu, urusan dakwah itu akan berhasil atau tidak adalah kehendak Allah, karena kita sebagai manusia hanya bertugas untuk tabligh atau menyampaikan saja,” tutupnya. (nisa) 

 

Shared:
Shared:
1