UMS Raih Peringkat 1 PTS Terbaik dalam QS World University Rankings

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Jum'at, 09 Juni 2017 13:12 WIB

 

MUHAMMADIYAH.OR.ID, SURAKARTA – Pemeringkat Quacquarelli Symonds (QS) World telah merilis hasil survei peringkat universitas seluruh dunia pada Kamis (8/6). Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Pada tahun 2017 kembali masuk dalam jajaran 9 universitas terbaik di Indonesia. Dengan ini, UMS berhasil mempertahankan prestasinya sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS)  terbaik di Indonesia.

QS World  University merupakan pemeringkatan universitas-universitas di dunia yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds, perusahaan asal Inggris yang bergerak dibidang pendidikan. Pemeringkatan ini menjadi salah satu pemeringkatan yang paling banyak dijadikan rujukan bersama dengan Academic Ranking or World Universities da Times Higher education World Universitiy Rankings.

Dalam mengukur kualitas kelembagaan perguruan tinggi di Indonesia menuju World Class University  QS menjadi pemeringkatan resmi yang dijadikan acuan oleh Kemenristekdikti.

Tahun ini, QS melakukan pemeringkatan terhadap 84 negara dengan total Perguruan Tinggi lebih dari 959 universitas. Dalam pemeringkatan QS menggunakan enam indikator yaitu Academic reputation, Employer reputation, Faculty/student ratio, Citation per Faculty, International Faculty dan International Students.

Dengan hasil ini, UMS yang berhasil mempertahankan peringkatnya telah membuktikan kualitasnya untuk mencapai World Class University pada tahun 2021 mendatang.

Kesembilan universitas tersebut diantaranya UI, Institut Teknologi Bandung (ITB) Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga (Unair), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), dan Universitas Brawijaya. (adam)

Sumber: Humas UMS

Shared:
Shared:
1