UAD Raih Peringkat Pertama Rangking Jurnal Bereputasi Internasional 2017

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Jum'at, 09 Juni 2017 11:15 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA – Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berhasil mendapatkan peringkat pertama dalam Rangking Jurnal Bereputasi Internasional 2017 yang dikelola Perguruan Tinggi di Indonesia.

Melalui jurnal internasional Telecommunication Electronics and Control (TELKOMNIKA), UAD berhasil menyisihkan beberapa perguruan tinggi lain seperti ITB, UGM, Undip, UNS, UI, IPB, Unbraw, UIN Yogyakarta, UIN Jakarta, dan UIN Surabaya yang berada dalam peringkat setelahnya.

Dikatakan Tole Sutikno Kepala Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah UAD terus mendorong budaya penelitian agar mampu menjadi kampus yang unggul di bidang penelitian dan publikasi.

Selain itu, pada tahun 2016 di CiteScore 2015, TELKOMNIKA UAD berhasil mendapatkan rangking 3 di bawah BCREC  yang merupakan Jurnal Internasional milik Undip dan IJEEI milik ITB. “Kami akan mengupayakan peningkatan dan kualitas sehingga di tahun 2017 ini TELKOMNIKA UAD hingga berhasil menduduki rangking 1 yang diikuti IJEEI (ITB) dan JICTRA (ITB) dengan masing-masing di peringkat 2 dan 3,” ungkap Tole, Kamis (8/6).

Lebih lanjut Tole menyampaikan bahwa terdapatnya 3 syarat yang harus dipenuhi dalam pengakuan jurnal Internasional. Di antaranya yaitu relevansi, berkualitas, serta diversitas. Ia menekankan, pada point diversitas pihaknya mengklaim bahwa dimilikinya banyak penulis pada jurnal Internasioal tersebut yang  meliputi beberapa negara di Asia seperti Korea, Jepang, China. Tak hanya itu, juga terdapatnya beberapa penulis yang berada di wilayah Australia, Itali, Mexico, Denmark, serta Amerika dan Nigeria.

Publikasi internasional yang dikelola UAD tidak hanya mengunggulkan dalam sisi jumlah . namun, UAD mengedepankan ide. “Kami tidak hanya bermain dari sisi jumlah. Oleh Pak Rektor dan Pimpinan, kami dituntut untuk mengedepankan ide,” pungkasnya. (adam)

 

Shared:
Shared:
1