Muhammadiyah Lamongan: Muhammadiyah Senantiasa Melakukan Kebaikan untuk Umat

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Jum'at, 09 Juni 2017 10:38 WIB

 

MUHAMMADIYAH.OR.ID, LAMONGAN -- RS Muhammadiyah Lamongan mengadakan kajian islam dan buka bersama di Auditorium RS muhammadiyah Lamongan pada Rabu (7/6).  Acara yang dilaksanakan pada tanggal 07 juni 2017 ini mengundang seluruh karyawan, Seluruh tersebut melibatkan seluruh jajaran PD Muhammadiyah Lamongan dan Ketua PW Muhammadiyah Jawa Timur.

Pada kajian itu, Shodikin Ketua PD Muhammadiyah Lamongan mengatakan bahwa agar mendapatkan gelar taqwa dari Allah SWT, manusia harus mampu menahan hawa nafsu.

“Taqwa dibagi menjadi 2 hal, taqwa secara vertikal dan taqwa secara horizontal, taqwa secara vertikal bentuknya adalah ibadah manusia kepada Allah SWT sedangkan taqwa secara horizontal adalah ibadah terhadap sesama manusia, konteks berbagi dan memberi itu merupakan bentuk dari keshalehan sosial yang akan menjadikan kita bertaqwa secara vertikal maupun secara horizontal,” ungkapnya.

Kemudian Saad Ibrahim, Ketua PW Muhammadiyah Jawa Timur mengatakan bahwa hakekat bulan ramadhan adalah menahan diri dari hawa nafsu dan berbagi dalam bulan yang penuh kebaikan.

“Perintah untuk memberi ini diungkap dalam sebuah hadist yakni “Bukanlah orang yang beriman yang ia sendiri kenyang sedangkan tetangga sebelahnya kelaparan. (HR.Baihaqi,Misykat), perintah untuk memberi juga diceritakan dalam sebuah kejadian tentang seorang wanita penghibur yang memberi minum seekor anjing yang hampir mati karena kehausan dari kejadian itu pun seorang wanita tersebut diampuni seluruh dosa-dosanya,” tambah Saad.

Kegiatan memberi dan berbagi itu, kata Saad, sudah menjadi ciri gerakan Muhammadiyah. “Muhammadiyah sejak dilahirkan sampai dengan sekarang sudah melakukan kebaikan untuk ummat, hal ini pula lah yang menjadikan perbedaan gerakan islam dalam Muhammadiyah dengan organisasi lainya, karena dalam diri para kader muhammadiyah sudah tertanam untuk melakukan kebaikan baik untuk dirinya sendiri maupun untuk ummat,” tutup Saad. (nisa)

Kontributor: M. Bayu Saputra 

Shared:
Shared:
1