Muhammadiyah Gerakan Massa yang Mencatat Sukses

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 07 Juni 2017 15:11 WIB

TANGERANG SELATAN, MUHAMMADIYAH.OR.ID -- Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Hajriyanto Y. Thohari dalam hal ini menegaskan Muhammadiyah telah menjadi legasi emblematik gerakan massa yang mencatat sukses. 

"Tidak saja secara sosial-keagamaan; legasi itu mewujud dalam jangkar sejarah dan laku politik nasional semenjak sebelum kemerdekaan hingga sekarang ini", kata Hajri saat menjadi narasumber Pengkajian Ramadhan PP Muhammadiyah di Kampus UMJ, Rabu (7/6).

Dalam perjalanannya, lanjut Hajri generasi demi generasi, lapisan tokoh dan akitivis Muhammadiyah ‘masing-masing memiliki karakter dan pesona’. 

Generasi Muhammadiyah kontemporer memiliki alasan masing-masing ‘mengapa mereka terpesona, bergabung, dan menjadi penggerak Persyarikatan Muhammadiyah.

"Pertama-tama Muhammadiyah jelas merupakan pengikut Ahlus-Sunnah wal Jama’ah dengan pemahaman dan praksis ummatan wasathan atau Islam wasathiyah. Walau tidak terlalu lazim dibicarakan di kalangan para pimpinan dan aktivis Muhammadiyah sendiri, jelas Muhammadiyah menganut pemahaman dan praksis Islam wasathiyyah.", ujarnya.

Materi dengan tema Manhaj Islam Washatiyyah: Kontekstualisasi dan Revitalisasi melalui gerakan pendidikan dan sosial budaya ini menurut Hajriyanto Revitalisasi Manhaj Washatiyyah ada pengaruh budaya Indonesia.

"Budaya Indonesia bersinergi dengan ajaran Islam, Kepribadian Islamnya tetap ada," kata dia. (dzar)

 

Shared:
Shared:
1