Busyro Paparkan Rumusan MKCH dalam Prinsip Hidup Muhammadiyah

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Minggu, 04 Juni 2017 16:19 WIB

MUHAMMMADIYAH.OR.ID, BANTUL ‒ Busyro Muqaddas Ketua Pimpinan PusatMuhammadiyah mengungkapkan bahwa Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah (MKCH) merupakan rumusan ideologi Muhammadiyah yang menggambarkan tentang hakikat Muhammadiyah, faham agama menurut Muhammadiyah dan misi Muhammadiyah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

MKCH tersebut dirumuskan menjadi 3 kelompok, pertama, mengandung pokok-pokok persoalaan yang bersifat ideologis, yaitu diantaranya Muhammadiyah adalah gerakan Islam dan dakwah amar ma’ruf nahi munkar, berakidah Islam, bersumber Al-Qur’an dan Sunnah, bercita-cita dan bekerja untuk terwujudnya masyarakat yang utama, adil makmur diridhai Allah SWT

Kelompok kedua mengandung persoalan mengenai faham agama menurut Muhammadiyah, yaitu Muhammadiyah mengamalkan Islam berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah Rasul, serta bekerja untuk terlaksananya ajaran-ajaran Islam.

“Kemudian, kelompok ketiga yaitu mengandung persoalaan mengenai fungsi dan misi Muhammadiyah dalam masyarakat Negara RI, yaitu Muhammadiyah mengajak seluruh masyarakat untuk berusaha bersama-sama menjadikan suatu Negara yang adil makmur dan diridhai Allah SWT,” terang Busyro, Sabtu (3/6) dalam Pengajian Ramadhan PP Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Maka ketiga kelompok tersebut jika diringkas menggambarkan tentang prinsip, keyakinan dan cita-cita hidup Muhammadiyah yang didasarkan pada pemahaman Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan menggunakan ijtihad sebagai metode untuk memahami.

“Dengan penggunaaan metode ijtihad maka pemahaman Al-Qur’an dan Sunnah tersebut dalam Muhammadiyah menggunakan metode konteks teks dilengkapi dengan burhani, bayani, dan irfani itu bukan teori tapi praktek perjalanan Muhammadiyah selama ini,” pungkas Busyro. (tuti)

 

 

 

Shared:
Shared:
1