Muhammadiyah Metro: Ramadhan Adalah Momentum Introspeksi Diri

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 29 Mei 2017 09:34 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, METRO – Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Metro menggelar kegiatan buka bersama di kediaman Direktur Rumah Sakit Muhammadiyah Metro Emi Sulistiyani pada Ahad (28/5). Kegiatan ini  diikuti oleh Pengurus PDM Metro, para Alumni dan Pengurus PDPM Metro serta Angkatan Muda Muhammadiyah Metro. 

Adapun narasumber dalam pengajian tersebut adalah Mukhtar Hadi, anggota Pleno Pimpinan Daerah Muhammadiyah Metro. Mukhtar menyampaikan bahwa Puasa Ramadhan adalah bulan momentum bagi umat Islam. 

"Bulan puasa sebagai momentum emas untuk beribadah dan mendapatkan berkah, rahmat, pengampunan dan kebaikan-kebaikan lainnya. Termasuk juga momentum untuk intropeksi dan evaluasi diri," ujarnya. 

Mukhtar mempertegas pernyataan tersebut dengan memaparkan hadits Rosulullah Muhammad SAW yakni tentang memanfaatkan 5 (lima) momentum sebelum datang momentum lainnya bagi kehidupan manusia.

"Yang pertama, memanfaatkan momentum hidupmu sebelum datang datang kematian, lalu memanfaatkan momentum sehat sebelum datang waktu sakit, memanfaatkan momentum waktu luang sebelum datang waktu sibuk, memanfaatkan momentum masa muda sebelum datang masa tua, dan memanfaatkan momentum kaya sebelum datangnya kemiskinan," lanjutnya. 

Muktar lebih lanjut mengatakan bahwa ramadhan hendaknya diisi dengan memperbanyak ibadah, Qiyaumul Lail, Tilawah Al-Qur'an, Shodaqoh dan amal kebaikan lainnya dengan dilandasi akhlak yang mulia.

"Ramadhan juga menjadi momentum intropeksi diri atas apa yang sudah dilakukan baik dalam hal kebaikan maupun keburukan. Sehingga bisa meningkatkan kebaikan dan kebajikan untuk ke depannya, baik dalam hal hubungan dengan Allah maupun dalam hubungan dengan manusia," tutup Muktar. (nisa)

Kontributor: Nuni Nuryamah

 

Shared:
Shared:
1