Cerdas Sikapi Era Digital, IMM dan IPM Tegal Adakan Seminar Moral

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Sabtu, 27 Mei 2017 15:14 WIB

 

MUHAMMADIYAH.OR.ID, SLAWI – Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) Tegal dan Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Kabupaten Tegal mengadakan seminar remaja dengan mengangkat tema “Degradasi Moral di Era Digital”  pada Rabu (24/5).

Kegiatan seminar ini bertempat di Gedung Dakwah Muhammadiyah Kabupaten Tegal di Procot, Slawi. Turut hadir dalam seminar tersebut adalah Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Tegal, Pelajar dan mahasiswa se-Kota dan Kabupaten Tegal. Adapun pembicara dalam seminar itu adalah Eva Elmiyatin Wihdah dari pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan keluarga berencana, Nasrudin dari BNN Kota Tegal serta A’yun Haifani sebagai Psikolog remaja.

Menurut Eva Elmiyatin Wihdah, pada era digital ini tantangan mendidik anak adalah tantangan bagi setiap orangtua.

“Saat ini mendidik anak sangat berat sekali, apalagi jika sudah mulai mengenal lawan jenis. Adapun penyebab pergaulan bebas lanjutnya, yaitu dari faktor keluarga yang kurang perhatian, kondisi lingkungan serta derasnya informasi yang tidak bisa disaring,” ucap Eva.

Sementara Nasrudin dari BNN Kota Tegal menambahkan bahwa dari pergaulan bebas itu maka timbul berbagai macam permasalahan  salah satunya yaitu narkoba.

“Hampir dipastikan bahwa kecanduan narkoba itu berawal dari merokok, karena rokok itu adalah pintu gerbang menuju narkoba,” ucap Nasrudin. Sedangkan menurut A’yun Haifani selaku psikolog mengatakan bahwa pada era digital saat ini, pengaruh buruk yang sangat luar biasa dapat disebabkan karena pornografi.

Diakhir kegiatan ini, para narasumber menyampaikan harapannya bahwa peserta seminar remaja ini bisa menularkan kebaikan-kebaikan kepada teman-temannya sehingga dapat meminimalisir hal-hal yang buruk karena pengaruh digital.(nisa)

Kontributor: Riza Novanto

Shared:
Shared:
1