Muhammadiyah Rintis Gaharu Center

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 25 Mei 2017 07:07 WIB

 

MUHAMMADIYAH.OR.ID, TENGGARONG - Pohon gaharu bukan saja memiliki nilai ekonomi tinggi, tetapi sebagai tanaman hutan juga memiliki fungsi strategis dalam restorasi dan pelestarian hutan yang kini dalam kondisi kritis.

Melihat realitas tersebut Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengapresiasi inisiatif MPM Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalimantan Timur untuk membangun gaharu center. 

“Dengan demikian gerakan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Muhammadiyah dapat memberikan nilai tambah yang optimal dan peningkatan pendapatan bagi terwujudnya kesejahteraan masyarakat,” terang M.Nurul Yamin, Selasa (23/5) dalam acara peresmian gaharu center.

Bupati Kutai Timur Ismunandar menyatakan bahwa masyarakat Kutai Timur saat ini tidak hanya bisa mengandalkan kehidupannya dengan menggali sumber daya alam khususnya tambang, tapi sekarang harus dibangun budaya kehidupan baru yaitu budaya tanam.

“Untuk itu saya sangat  mengapresiasi dan mendukung langkah gerakan pemberdayaan masyarakat melalui gaharu park nantinya. Acara penanaman pohon gaharu ini menunjukkan komitmen Muhammadiyah terhadap persoalan kebangsaan yang tidak hanya terbatas bidang pendidikan, kesehatan, dan sosial lainnya,” ucap Ismunandar.

Sementara itu dilaporkan oleh Ketua MPM Kaltim Nur Wahid bahwa bibit gaharu yang akan ditanam untuk tahap awal berjumlah 3000 bibit di lahan seluas 20 hektar. Dalam penanaman bibit gaharu MPM Kaltim melibatkan para petani sehingga mereka juga dapat menikmati hasilnya nanti.

Yang unik dalam acara peresmian gaharu center tersebut, bisanya acara Muhammadiyah diselenggarakan di gedung kampus, rumah sakit ataupun masjid, tetapi kali ini sungguh luar biasa karena diselenggarakan di tengah hutan.

“Ini menunjukkan bahwa Muhammadiyah bukan semata-mata gerakan kota, tetapi juga gerakan yang dekat dengan siapa saja, termasuk masyarakat di sekitar hutan,” pungkas Yamin.

Inisiasi gaharu center ditandai dengan penanaman pohon gaharu oleh Ketua MPM PP Muhammadiyah M. Nurul Yamin bersama Bupati Kutai Timur Ismunandar, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kutai Timur Encek UR Firgasi, serta Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Timur, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kutai Timur, Bontang, dan Samarinda. (adam)

 

Shared:
Shared:
1