SMK Muhammadiyah Bobotsari Tingkatkan Profesionalitas Guru

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 23 Mei 2017 10:36 WIB

 

MUHAMMADIYAH.OR.ID, PURBALINGGA– Kegiatan Observasi di  Laboratorium Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Laboratorium Akuntansi (AK),  Laboratorium Admistrasi Perkantoran (ADP), kelas, dan sarana prasarana di sekolah serta penilaian guru SMK Muhammadiyah Bobotsari, Purbalingga, Jawa Tengah oleh Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah (BAP S/M) Provinsi Jawa Tengah.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Sugeng Riadi, mengatakan bahwa Supervisi kelas, adalah kegiatan penilaian guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Kegiatan tersebut dilakukan pada hari Rabu, 17 Mei 2017.

“Dan Supervisi Kelas bertujuan untuk guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas sesuai dengan Standar Pendidikan Nasional, yang sudah tertuang di perangkat pembelajaran guru,” kata Sugeng, Minggu (21/5).

Kemudian Penilaian guru mengajar adalah  merupakan kegiatan evaluasi kinerja guru dalam pembelajaran di kelas dengan tujuan meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Kemudian Observasi di  Laboratorium TKJ, AK, ADP adalah untuk melihat langsung Ruang Pembelajaran Khusus (RPK).

“Adapun tujuan dari Observasi itu untuk mengamati langsung proses pembelajaran praktik di laboratorium (lab) sesuai dengan jadwal pemakaian lab, jurnal lab dan sesuai dengan standar lab,” terang Sugeng Riadi.

Observasi sekolah meliputi perpustakaan, ruang Bimbingan Konseling, ruang PMR, ruang administrasi, ruang kepala sekolah, ruang guru, unit produksi jurusan, kantin, KM/WC dan halaman sekolah.

Selain itu observasi juga dilakukan di ruang Bursa Kerja Khusus (BKK), ruang Bussines Centre dan ruang Kelas.

Ia juga mengatakan, kegiatan supervisi, penilaian guru dan observasi ruang diharapkan bisa meningkatkan layanan  secara penuh kepada seluruh warga SMK Muhammadiyah Bobotsari termasuk siswa, guru dan karywan. (syifa)

Kontributor : Iswanto/Tegar

Shared:
Shared:
1