SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Tekankan Budaya Literasi Pada Siswa

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Sabtu, 20 Mei 2017 17:41 WIB

 

MUHAMMADIYAH.OR.ID, SURAKARTA -- SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta menggelar Ngobras (Ngobrol Santai) dan Launching Karya Siswa di sekolah setempat pada Rabu (17/5). Kegiatan tersebut diisi oleh Ketua PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Solo Anas Syahirul dan Sastrawan Solo, Bandung Mawardi.

Humas SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta Aryanto mengungkapkan bahwa acara ini digelar untuk menyemarakkan Hari Buku Nasional 2017 dengan meluncurkan karya siswa berupa Antologi Cerpen Sahabat Semusim dan Majalah PKTeenable.

“Pada Hari Buku Nasional 2017 ini, kami ingin menyemarakkan dengan melaunching karya siswa kami. Ada dua karya literasi yakni Antologi Cerpen Sahabat Semusim dan Majalah PKTeenable,” ungkap Aryanto.

Aryanto menambahkan bahwa melalui acara ini sekolah ingin meningkatkan semangat budaya literasi para siswa sehingga akan terbit buku-buku berkualitas dari pena siswa.

Bandung Mawardi menyampaikan apresiasi terhadap keberanian sekolah untuk menerbitkan karya-karya siswa dalam bentuk buku. Ia mengajak para siswa untuk banyak membaca buku agar mempunyai kosa kata yang kaya.

“Kita hanya ikut-ikutan menggunakan kata populer seperti baper tanpa mau untuk menciptakan kosakata yang baru. Belajar bahasa itu untuk memperkaya kosakata. Maka ayo membaca, perkaya kosakata, dan hidup menjadi pencerita,” ungkap Bandung Mawardi kepada para siswa.

Pada acara itu juga terdapat sesi tanya jawab, para siswa bertanya dengan penuh antusias. Dilanjutkan dengan pemberian hadiah kepada para penanya yang beruntung.

Pada akhir sesi acara dilakukan Simbolis Peluncuran Karya Siswa dengan ditandatanganinya sampul cover buku Antologi Cerpen Sahabat Semusim dan Majalah PKTeenable oleh Anas Syahirul dan Bandung Mawardi dan pemberian penghargaan kepada para penulis cerita pendek. (nisa)

Sumber: Aryanto 

Shared:
Shared:
1