Siapkan Amunisi Bagi Para Mubaligh, PCM Muntilan Gelar Pelatihan Mubaligh

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 16 Mei 2017 09:44 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, MAGELANG - Majelis Tabligh Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Muntilan, menyelenggarakan Pelatihan Mubaligh pada Ahad (14/5) di SMK Muhammadiyah 1 Muntilan. Pelatihan ini untuk mewujudkan kualitas dan kuantitas sumber daya mubaligh Muhammadiyah di Muntilan, sesuai misi serta tujuan Muhammadiyah.

Disampaikan Miftahudin selaku panitia bahwa Muntilan kaya akan lahan dakwah, memiliki 14 ranting dan 56 Masjid dan Mushola, dan acara ini adalah amunisi bagi para mubaligh.

Majelis Tabligh mewajibkan Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) dan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) yang berada di Muntilan untuk mengirimkan peserta. Hal ini dilandasi dari minimnya kader Mubaligh yang mumpuni di dalam Persyarikatan. “Persoalan ini seringkali memunculkan berbagai masalah dalam pengelolaan dakwah dan tabligh di lingkungan Persyarikatan,” terang Miftah.

Keluhan dan kegelisahan banyak muncul di berbagai tempat, seperti kurangnya kader dan sumberdaya insani untuk mengelola kegiatan pengajian-pengajian dan majelis-majelis tafaqquh fiddin di lingkungan Muhammadiyah, sehingga banyak pengajian-pengajian dan majelis-majelis kajian intensif untuk kajian ilmu-ilmu agama menjadi berkurang.

“Belum lagi tantangan dakwah yang semakin kompleks, yang membutuhkan kader-kader mubaligh dan da’i yang di satu sisi memiliki kemampuan dalam tafaqquh fid din, tetapi juga kreatif dan inovatif dalam mengembangan metode dan pendekatan dakwah dalam menghadapi masyarakat yang terus berubah dan berkembang,” ucap Miftah.

Miftah menambahkan, menghadapi permasalahan-permasalah di atas diperlukan usaha-usaha yang serius untuk melakukan rekonstruksi dan rekonseptualisasi perkaderan muballigh dan da’i Muhammadiyah sesuai dengan visi perjungan Muhammadiyah dengan memperhatikan dinamika masyarakat yang senantiasa berubah dan berkembang.

Kontributor: Novi

Shared:
Shared:
1