Luluskan 3.401 Wisudawan, UMSU Terus Berupaya Tingkatkan Kualitas

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 08 Mei 2017 14:44 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, MEDAN - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menggelar prosesi wisuda yang diikuti 3.401 peserta yang diselenggarakan pada tanggal 8 hingga 11 Mei 2017. UMSU sebagai salah satu universitas di bawah binaan Kopertis dan Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah diharapkan menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia.

Koordinator Kopertis I Sumatera Utara, Dian Armantyo berharap UMSU menjadi PTS pertama di wilayah Kopertis I yang AIPT-nya bisa naik dari B menjadi A. “Dari laporan rektor, peluang untuk itu cukup besar,” ucap Dian dalam sambutannya pada wisuda UMSU Senin (8/5) di Gedung Selecta Medan.

Harapan itu disambut positif oleh pihak UMSU. dalam laporannya, rektor UMSU Agus Sani menyatakan, UMSU terus mempersiapkan diri untuk reakreditasi institusinya. Sehingga memperoleh hasil yang lebih baik dari tahun ke tahun.

“Kami dibimbing juga oleh kopertis dan majelis diktilitbang PP Muhammadiyah untuk hal itu,” ucap Agus.

Sementara itu, Wakil Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Edy Suandi Hamid dalam sambutannya mengapresiasi perkembangan pesat UMSU dalam beberapa tahun terakhir ini. Bukan saja jumlah mahasiswa yang meningkat, tetapi juga ada tambahan prodi baru, doktor baru, dan karya akademik dosennya.

“Bahkan kluster penelitiannya naik dr madya ke utama. Mudah-mudahan nanti meningkat lagi ke kluster mandiri,” ujar Edy.

Lebih lanjut, Edy mengingatkan kepada para wisudawan untuk tidak merasa selesai dan berhenti belajar setelah wisuda ini. Perkembangan peradaban yang pesat menuntut semua orang untuk selalu belajar, kreatif, dan inovatif. Terlebih dengan semakin banyaknya produk-produk kecerdasan buatan (artificial intelligence products).

“Jika hanya pasif, pasti terpinggirkan dan menjadi pengangguran. Bayangkan saat ini lebih dari 700 ribu lulusan PT menganggur,” pungkas Edy. (adam)

 

Shared:
Shared:
1