Melalui DAD, IMM Hamka Unnes Tanamkan Nilai Kebangsaan

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 02 Mei 2017 11:47 WIB

 

MUHAMMADIYAH.OR.ID, SEMARANG - Pimpinan Komisariat Hamka Unnes melaksanakan Darul Arqam Dasar (DAD) selama 3 hari (28-30/4) bertempat di Ponpes Saubari Bening Hati Mateseh dengan tema “Meneguhkan Ruh Gerakan dalam Rangka Mewujudkan Kader yang Berintegritas dan Berwawasan Kebangsaan”.

DAD kali ini diikuti 14 peserta yang berasal dari 2 komisariat, yaitu komisariat Hamka Unnes dan komisariat Ibnu Sina Undip. Melalui materi analisis media, diharapkan peserta dapat menjadi kader yang mampu memilih mana informasi yang kredibel. Melihat maraknya informasi hoax yang akhir-akhir ini sering muncul sebagai biang perpecahan bangsa.

Ada 6 materi lain yang diharapkan menjadi modal bagi peserta dalam berkiprah sesuai al quran dan hadist. Materi-materi tersebut yaitu ketauhidan, kemuhammadiyahan, ke-IMMan, filsafat kebangsaan, dan manajemen aksi. Materi-materi tersebut dipilih karena dipandang mampu untuk mewadahai trilogi IMM yaitu religiusitas, intelektualitas, dan humanitas.

“Dengan metode pembelajaran yang lebih menekankan pada diskusi kelompok, membuat suasana pembelajaran tidak monoton. Selain itu, secara tidak langsung hal ini mengasah kemampuan berpikir kritis serta public speaking peserta DAD,” ucap Nur Irma Noviyanti, Ketua Umum PK IMM Hamka.

Pada materi manajemen aksi, peserta dilatih bagaimana cara untuk mengkritisi isu-isu yang ada dengan jalan mediasi. Diharapkan  melaui materi ini, akan terbentuk kader yang tidak hanya cakap dalam melakukan aksi fisik tetapi lebih  menekankan pada bagaimana bertindak diplomatis kemudian menuangkan pemikiran kritisnya melalui media.

“Setelah dilaksanakan DAD kali ini, diharapkan kader-kader lulusan DAD dapat mengamalkan semua ilmu yang telah didapatkan dari DAD. Silakan berkarya dan berkembang di komisariatnya masing-masing sesuai kultur komisariatnya. DAD ini bukanlah akhir dari sebuah perjuangan, karena sejatinya DAD adalah pengantar semata untuk menuju perjuangan yang sesungguhnya di dalam ikatan. Segalanya dapat dibahas bersama IMM, bersama IMM kita bisa membahas berbagai hal,” tegas ketua panitia, immawati Syaefatul Awaliyah. (nisa)

Kontributor: Harum Setyowening

Shared:
Shared:
1