Pesan Busyro Muqoddas pada Milad Pemuda Muhammadiyah ke 85

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 02 Mei 2017 06:35 WIB

 

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA – Pada milad Pemuda Muhammadiyah yang ke 85, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Busyro Muqoddas mengatakan bahwa Milad Pemuda yang ke 85 ini menunjukkan bahwa organisasi otonom Muhammadiyah tersebut memiliki sejarah yang cukup panjang dalam soliditas ideologis, soliditas kepemimpinan, dan soliditas gerakan.

“Soliditas merupakan cermin dan refleksi dari komitmen ideologis yang berbasis pada ideologi Muhammadiyah yang menekankan adanya kepemimpinan yang berbasis pada jiwa tauhid. jiwa yang membebaskan, jiwa yang mendukung kemanusiaan, keadaban, keadilan, kesetaraan. Namun juga mencerminkan kesalehan,” terang Busyro, ketika ditemui pada Senin (1/5).

Unsur-unsur yang integratif ini, menurut Busyro telah  menjadi trademark dari pergerakan Muhammadiyah, khususnya Pemuda Muhammadiyah.

Busyro mengatakan situasi baru terjadi ketika bangsa Indonesia ini diselimuti banyak masalah akibat degradasi moral dalam dunia politik praktis. Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini menyebutkan bahwa disitulah lahan dakwah Pemuda Muhammadiyah.

Busyro berpesan hendaknya milad ini dapat dijadikan momentum bagi Pemuda Muhammadiyah untuk mengembangkan dakwah di wilayah politik tersebut, bukan untuk bermain-main politik praktis, namun bagaimana dapat melakukan komitmen politik dengan melakukan kaderisasi yang berbasis pada kepemimpinan, intelektualitas, dan juga komitmen amaliyahnya.

“Perpaduan ini lah kedepan harapannya Pemuda Muhammadiyah dapat lebih solid, dapat membaca perkembangan zaman, dan membantu menyelesaikan permasalahan bangsa dan negara kita. Utamanya yaitu membebaskan masyarakat yang yatim piatu secara politik,” pungkas Busyro. (adam)

Shared:
Shared:
1