Lulusan Mu’allimin Diharapkan dapat Menjadi Penerus Cita-Cita KH. Ahmad Dahlan

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 01 Mei 2017 12:20 WIB

 

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA – Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Yunahar Ilyas ketika hadir dalam pelepasan siswa kelas VI Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta berharap agar siswa-siswa lulusan Mu’allimin dapat menjadi penerus cita-cita pendiri Muhammadiyah, KH. Ahmad Dahlan.

Yunahar juga berpesan agar alumni Mu’allimin dapat meneruskan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. “Pendidikan tidak cukup hanya sampai SMA, alumni Mu’allimin harus dapat meningkatkan pendidikan yang lebih tinggi lagi, yaitu masuk ke perguruan tinggi,” ucap Yunahar, Senin (1/5) di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Selain berharap alumni Mu’allimin untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, Yunahar juga berharap dari Mu’allimin akan hadir ulama-ulama yang berintelektual. Dalam kesempatan tersebut Yunahar menyebutkan tiga syarat utama menjadi ulama.

Pertama, seorang ulama harus memiliki ilmu, terutama ilmu mengenai syariat islam yang berdasarkan Al-Quran dan As-Sunnah. Selain menguasai pemahaman syariat, ulama menurut Yuanhar juga harus menguasai ilmu-ilmu lainnya, seperti penguasaan teknologi, pengetahuan alam, dan ilmu lainnya.

Kedua, seorang ulama harus memiliki rasa takut terhadap Allah. “Semakin tinggi ilmu seorang ulama maka ia akan semakin dekat dengan Allah,” ucap Yunahar.

Ketiga, seorang ulama juga harus dekat dengan masyarakat, peka terhadap kondisi di masyarakat dan membantu menyelesaikan persoalan-persoalan yang terjadi di masyarakat. “Seorang ulama tidak boleh menutup mata terhadap persoalan-persoalan yang terjadi di masyarakat, harus bisa memecahkan dan memberikan solusi yang terbaik,” tutup Yunahar. (adam)

Shared:
Shared:
1