IMM Universitas Negeri Malang Bekali Kader Teknik Public Speaking

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Minggu, 30 April 2017 13:27 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, MALANG - Mahasiswa merupakan agen perubahan, yang mana pergerakannya selalu dinantikan terutama dalam membela kaum yang lemah. Tidak hanya bermodalkan intelektual yang mapan, namun mahasiswa juga perlu untuk memiliki skill dalam mempengaruhi lawan bicaranya. 

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Komisariat Ekstra Universitas Negeri Malang (UM) menggelar seminar public speaking pada Sabtu (29/4) di Aula kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Malang. 

Ketua pelaksana seminar, Fikriatunnisa Ramadhana menyatakan, mahasiswa membutuhkan kemampuan untuk berbicara di depan umum. Dengan kemampuan tersebut, mahasiswa khususnya kader IMM dapat mempengaruhi lawan bicara dengan baik.

Penguasaan teknik berbicara didepan umum memang tidak hanya secara teori saja, namun membutuhkan jam terbang yang intens. “Saya yakin setiap orang memiliki kemampuan dasar dalam berbicara di depan umum, hanya saja belum diasah dan di gali lebih dalam,” jelas Vivin, sapaan akrabnya. 

Kegiatan yang dimotori bidang hikmah IMM Komisariat Ekstra UM itu, tidak sebatas teoritik saja. Menurut Vivin, public speaking merupakan ilmu terapan yang membutuhkan praktek lebih banyak daripada teori. Maka dari itu, dalam seminar tersebut tidak hanya teori saja tapi ada juga praktek. “Tujuan utamanya adalah memberikan kepercayaan diri serta cara menguasai teknik berbicara di depan umum,” tegasnya.

Tidak hanya mahasiswa yang menjadi targetan dalam seminar itu. Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) juga menjadi bidikan dari seminar tersebut. Menurut Vivin, saat ini kurikulum 2013 menggunakan sistem student center, yang mewajibkan siswa untuk lebih aktif dalam setiap aktivitas dalam kelas. “Saat ini siswa juga dituntut untuk bisa menyampaikan pendapatnya melalui forum diskusi yang dibentuk dalam kelas. Sehingga kami rasa seminar ini juga dapat membangkitkan kepercayaan diri mereka,” ujar mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris UM itu. 

Dalam seminar tersebut dihadirkan pula Afif Hidayatullah seorang hypno and dream therapys specialist untuk memberikan stimulus melalui cara hipnotis agar peserta seminar bisa tumbuh kepercayaan dirinya. Selain itu, dihadirkan pula Wahyudi Siswanto, praktisi public speaking nasional dan juga penulis buku Mega Best Seller “Public Speaking”.

Kontributor: Abdul Jalil

Shared:
Shared:
1