Siswa SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo Berhasil Padamkan Kebakaran

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 27 April 2017 10:28 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, KENDAL– Setelah melaksanakan Apel Siaga Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN), SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo melangsungkan simulasi pemadaman kebakaran yang diperankan oleh beberapa siswa (26/4).

Kepala SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo, Agus Budi Utomo dalam apel tersebut menyampaikan Ikrar Kesiapsiagaan Bencana Warga Sekolah SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo.

“Adapun ikrar kami adalah meningkatkan    pengetahuan    dan  kepedulian   terhadap   bencana   yang  terjadi, rela  untuk   turut  serta  meringankan    beban  orang  yang  terkena   dampak   bencana, turut  serta  dalam upaya  menurunkan    tingkat   risiko  bencana, selalu  siap  siaga  terhadap   bencana,  giat  berlatih   dalam  kesiapsiagaan    dan  tindakan   darurat  bencana   untuk keselamatan,    dan  mengupayakan     lingkungan  sekolah/madrasah  aman  bencana   dan  jamaah   tangguh,” ujarnya.

Setelah apel kesiapsiagaan tersebut usai, maka dilakukan simulasi pemadaman kebakaran. Beberapa siswa tanggap bencana berlari menuju ke semua kelas, mereka memberikan informasi bahwa telah terjadi kebakaran dan semua siswa diperintahkan untuk meninggalkan ruangan serta berkumpul di titik kumpul yang sudah disediakan. Tidak begitu lama suara sirine mobil pemadam kebakaran semakin keras terdengar, dalam waktu beberapa menit satu unit mobil pemadam kebakaran sudah tiba di lokasi,  dengan sigapnya mereka langsung menurunkan dan mempersiapkan peralatannya untuk memadamkan api sebelum api menjalar ke tempat lain, hanya dalam beberapa menit api berhasil dipadamkan. Semua siswa merasa senang dan suasa menjadi tenang kembali.

“Dalam memperingati HKBN ini, kami ingin mengenalkan tata cara pemadaman kebakaran terhadap para siswa, sehingga kami menyiapkan simulasi dengan sangat matang,” ujar Agus.

Setelah simulasi kebakaran tersebut, para siswa dikumpulkan di ruang workshop SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo untuk mengikuti  sosialisasi  kesiapsiagaan dan kebencanaan yang disampaikan oleh Team Pemadam Kebakaran Kendal, BPBD Kendal, MDMC Jawa Tengah.

“Diharapkan acara ini dapat melatih para siswa dalam kesiapsiagaan menghadapi sebuah bencana, dan mengurangi resiko bencana yang ada. Selain itu para siswa diharapkan mempunyai kepedulian terhadap orang lain yang terkena dampak bencana,” pungkasnya. (nisa)

Kontributor: Nur Khoerul Setiawan

Shared:
Shared:
1